08 August 2006

data2 proyek underpass pondok indah

BAB III
GAMBARAN UMUM PROYEK

3.1 Sejarah Proyek
Pada tahun 1997 pihak Metropolitan Kentjana merencanakan akan membangun dua pusat perbelanjaan yang bernama Pondok Indah Mall 1 dan pondok Indah Mall 2, kemudian untuk membuat sebuah proyek ini pihak Pemda DKI mensyaratkan untuk membangun Underpass di dekat persimpangan Jl.Metro Duta Niaga agar meminimalisir dampak kemacetan, Proyek dilaksanakan mulai pada tahun 1997 tetapi terhenti karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia, proyek ini terhenti hingga tahap pengecoran bored-pile sedangkan Pondok Indah Mall 1 sudah selesai dibuat, maka pada tahun 2004 pihak Metropolitan Kentjana melanjutkan kembali proyek yang terhenti tersebut dengan membangun Pondok Indah Mall 2 dan Underpass pondok Indah.

3.2 Data Umum

3.2.1 Lokasi Proyek
Pembangunan Underpass Pondok Indah ini menghubungkan Jl. Sultan Iskandar Muda dan Jl. Metro Pondok Indah. Dimana kedua jalan tersebut merupakan jalan penghubung pinggiran kota jakarta dengan pusat kota, yang selalu padat pada pagi dan siang harinya.
Kondisi lalu lintas di sekitar proyek sangatlah padat tiap harinya terutama pada persimpangan Pondok Indah Mall yang saat ini sedang dilaksanakan pembangunan underpass. Hal ini dikarenakan selain menjadi pusat bisnis, lokasi proyek juga merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan bagi banyak warga Jabotabek. Selain itu jalan pondok indah ini merupakan akses bagi warga yang tinggal di wilayah pinggiran Jakarta untuk mencapai pusat kota.

3.2.2 Batas Wilayah Studi
Penentuan batas wilayah studi dilakukan dengan pertimbangan – pertimbangan yang sesuai dengan rencana kegiatan Pembangunan Underpass Pondok Indah meliputi batas proyek, batas ekologis, dan batas administrasi.
3.2.3 Batas Proyek
Sebelah Utara : Jl. Sultan Iskandar Muda.
Sebelah Timur : Jl. Margaguna, Mal Pondok Indah I, Masjid Raya Pondok Indah, dan Kawasan Niaga.
Sebelah Selatan : Jl. Metro Pondok Indah.
Sebelah Barat : Jl. Kartika Utama, Mal Pondok Indah II, Wisma Pondok Indah, Pemukiman Penduduk.

3.2.4 Batas Ekologis
Proyek pembangunan Underpass Pondok Indah ini akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan diperkirakan berupa bertambahnya arus lalu lintas dan menimbulkan kemacetan akibat penyempitan badan jalan.Batas ekologi ini merupakan kondisi alam yang berada di sekitar kegiatan konstruksi, batas ini berupa daerah aliran sungai, jalan raya maupun ekosistem dari suatu kegiatan yang saling berhubungan dengan kegiatan yaitu ekosistem pemukiman didaerah Pondok Indah.

3.2.5 Batas Sosial
Batas sosial berada pada masyarakat sekitar lokasi kegiatan proyek, tepatnya disekitar pemukiman terdekat dengan lokasi proyek. Dimana masyarakat yang berada pada daerah pemukiman ini sebagian besar merupakan masyarakat menengah keatas.

3.3 Data Umum Proyek

1. Nama Proyek : Pembangunan Underpass Pondok Indah
2. Pemilik Proyek : PT. METROPOLITAN KENCANA
3. Konsultan Pengawas : PT. PERENCANA JAYA
4. Konsultan Perencana : PT. PERENCANA JAYA
5. Kontraktor : PT. JAYA KONSTRUKSI M. P.
6. Sub Kontraktor : - PT. JAYAMIX. ( Produksi Beton )
- PT. TALENTA. ( Galian dan Angkutan Tanah )
- PROKLA ( Precast Saluran )
- RUSA DAHADA ( Straighting )
7. Konsultan Biaya : PT. DAVIS LANGDON & SEAH INDONESIA
8. Kontrak
- Nilai Kontrak : Rp. 19,253,057,025.00
( Tanpa PPN 10% )
- Tanggal Kontrak : 19 Oktober 2004
- Nomor Kontrak : 065 / PIM2 / X / 2004

9. Waktu Pelaksanaan
- Mulai : 19 Oktober 2004
- Selesai : 01 Juni 2005
10. Waktu Pemeliharaan
- Mulai : 01 Juni 2005
- Selesai : 01 Juni 2006
11. Jenis Pekerjaan : Underpass
12. Lokasi Proyek
- Propinsi : DKI Jakarta
- Kotamadya : Jakarta Selatan
- Alamat : Jl. Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah
13. Kuantitas Pekerjaan
- Deskripsi Proyek : Pembuatan Underpass
- Luas Bangunan : 8000 m2
- Fungsi : Peningkatan Kelancaran Lalu Lintas dan Menghilangkan titik pertemuan pada persimpangan dari / menuju arah Pondok Indah Mall.
3.4 Data Teknis Proyek
Data proyek Underpass Pondok Indah adalah sebagai berikut :
1. Nama Proyek : Pembangunan Underpass Pondok Indah.
2. Panjang Total : 411 m
3. Ramp Utara :
a. Panjang : 175 m
b. Lebar : 16.4 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median.
c. Kelandaian : 5 %
d. Struktur Dinding : - Bored Pile existing ø 800
- Dinding Cover Bored Pile t = 25 cm. K – 350
( fc’= 29 Mpa )
- Panel Cover Precast / GRC
- Retaining wall. K-350 ( fc’ = 29 Mpa )
e. Bottom Slab : Beton Bertulang K – 300 ( fc’ = 29 Mpa )
f. Finishing slab Bawah: Hotmix AC tebal 10 cm

4. Terowongan ( Box Tunel )
a. Panjang : 70 m
b. Lebar : 17,5 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median
c. Kelandaian : 0,47 %
d. Clearance : 4,6 m
e. Bentuk Konstruksi : Box Tunel dengan tiang BP ø 60 cm pada median.
f. Struktur Pondasi : Bored Pile ø 88 cm ( secant pile )
g. Struktur Pondasi : Bored Pile ø 88 cm dengan penutup panel precast
h. Struktur Top Slab : Beton Bertulang K-350 ( fc’ = 29 Mpa )
I. Struktur Bottom Slab: Beton Bertulang K-300 ( fc’ = 29 Mpa )
J. Finishing Slab : Hotmix AC tebal 10 cm

5. Ramp Selatan
a. Panjang : 166 m
b. Lebar : 17,5 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median
c. Kelandaian : 5%
d. Stuktur Dinding : - Bored Pile Secant Pile ø 88 cm
- Pondasi Cover Precast / GRC
- Retaining Wall K-350 ( fc’ = 29 )
e. Bottom Slab : Beton Bertulang K-300 ( fc’ = 29 )
f. Finishing Slab : Hotmix AC tebal 10 cm

6. Sumpit : - Fungsi sebagai bak penampung air hujan
- Kapasitas + 1000 m3
- Dimensi : 17 m x 3,3 m x 20m
- Konstruksi : Beton Bertulang
- Sistem 1 ( satu ) blok
- Metode pengurasan menggunakan Submersible Pumps terdiri dari :
4 unit pompa utama kapasitas 125 ltr/detik
2 unit pompa utama kapasitas 25 ltr/detik
- lokasi terdapat dibawah muka jalan / lantai kendaraan

7. Rumah Genset : - Fungsinya untuk Rumah Jaga, Dudukan Genset dan Dudukan Panel – panel
- Konstruksi Beton bertulang
- Lokasi / Posisi di daerah pulau sisi timur persimpangan
- Sumber Daya Listrik : - PLN
- Genset 150 KVA
3.5 Ruang Lingkup Pekerjaan Proyek Underpass Pondok Indah
Proyek Pembangunan Underpass Pondok Indah Meliputi :
Ø Pekerjaan Pengukuran
Ø Pekerjaan pemasangan bored pile.
Ø Pekerjaan caping beam.
Ø Pekerjaan tanah.
Ø Pekerjaan retaining wall.
Ø Pekerjaan drainase : sub drain (Geotekstil).
Ø Rigit pavement + flexible.
Ø Cover Wall.
Ø Pembuatan rumah pompa dan pemasangan pompa.
Ø Pekerjaan instalasi listrik dan penerangan jalan umum.
Ø Pekerjaan pot bunga.

3.5.1 Pekerjaan Pengukuran
Pekerjaan pengukuran adalah pekerjaan untuk menentukan posisi letak bangunan underpass sesuai dengan desain baik center line underpass maupun stack out dari detour – detour yang akan dibuat.


3.5.2 Pekerjaan Bored Pile
Pekerjaan Bored pile ini hanya pada ramp bagian selatan, dimana pekerjaan bored pile yang lainnya telah dilaksanakan pada tahun 1997. Pekerjaan Bored pile ini menggunakan Beton K – 350.

3.5.3 Pekerjaan Caping Beam
Pekerjaan ini adalah pekerjaan memotong kepala bored pile, selain itu pekerjaan ini bertujuan agar mempermudah dalam pelaksanaan pekerjaan lainnya.

3.5.4 Pekerjaan Tanah
Untuk pekerjaan tanah ini terdiri dari pekerjaan penggalian tanah, timbunan dan pengangkutan tanah. Penggalian dibuat sedemikian rupa sehingga pada saat hujan air tidak menggenang di tempat galian, sehingga aktivitas penggalian tidak terganggu. Pengamanan ini bisa digunakan pompa dan drainase sehingga pembuangan air lancar. Pada pekerjaan ini alat berat banyak digunakan diantaranya excavator, Bulldozer, Dup Truck dll.

3.5.5 Pekerjaan Retaining Wall
Retaining wall ini dimaksudakan sebagai pengganti bored pile pada bagian awal underpass. Selain itu juga bored pile bertujuan sebagai penahan tanah dan lalu lintas.
3.5.6 Pekerjaan Drainase Sub – drain ( geotextile )
Pekerjaan drainase ini menggunakan beton precast, untuk alairan air hujan yang jatuh di jalan underpass akan dibuang ke sumpit. Dikarenakan muka air tanah di proyek Underpass Pondok Indah ini berada pada kedalaman yang tidak terlalu dalam maka perlu dipasang serat geotextile agar air tanah tidak naik ke permukaan tanah.

3.5.7 Rigid Pavement + Flexible
Perkerasan jalan menggunakan perkerasan kaku ( Rigid Pavement ) dengan menggunakan beton K - 350, dan kemudian dilapisi aspal untuk kenyamanan berkendara.

3.5.8 Cover Wall
Cover wall adalah pekerjaan yang bertujuan untuk menutup existing bore pile yang dipasang sepanjang jalan dan underpass. Diharapkan dengan dibuatnya retaining wall ini tidak terjadi longsor pada jalan diatasnya karena lalu lintas kendaraan yang terjadi. Pekerjaan ini terdiri dari pekerjaan perakitan besi tulangan, fabrikasi bekisting, dan pekerjaan pengecoran.



3.5.9 Pembuatan Rumah Pompa dan Pemasangan Pompa
Rumah pompa ini diletakkan pada salah satu pulau jalan yang berada di persimpangan jalan menuju jalan margaguna. Rumah pompa ini digunakan untuk memompa air hujan yang berada di ruang sumpit.

3.5.10 Pekerjaan Instalasi Listrik dan Penerangan Jalan Umum.
Pekerjaan instalasi listrik ini dimaksudkan untuk pengoperasian rumah pompa dan penerangan bagi jalan underpass.

3.5.11 Pekerjaan Pot Bunga
Pekerjaan pot bunga ini adalah pekerjaan tambahan bagi penghijauan underpass. Departemen Pekerjaan Umum mensyaratkan adanya pot bunga sebagai langkah penghijauan dari jalur underpass.

3 comments:

  1. gw mahasiswa arsitektur.....itu aj...cew

    ReplyDelete
  2. mas,tlong bantu saya bahasan mengenai pondasi injeksi y.
    infonya krm ke email saya n_dy87@yahoo.com
    trimksh sblmnya...

    ReplyDelete
  3. Pak, bisa direferensikan ke kontraktor2 yang membutuhkan barang2 keselamatan kerja diri dan jalan. Terima kasih

    ReplyDelete

Jangan Ragu untuk Berkomentar... Ayo kamu bisa....