30 March 2010

Gayus Tambunan : Remunerasi Pajak yang Membikin Iri

Kekayaan gayus HP tambunan, pegawai negeri sipil golongan IIIA di Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan, yang mencapai puluhan miliar rupiah memang mengejutkan banyak orang. Padahal, golongan kepegawaian Gayus, yang baru bekerja selama lima tahun, setara dengan sarjana yang baru diangkat sebagai PNS.

Peraturan pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Gaji PNS menetapkan gaji pokok pegawai golongan IIIA dengan masa kerja lima tahun adalah Rp. 1.738.100 per bulan. Bahkan, jika mengacu pada aturan terbaru, PP No 25/2010, gaji pokok Gayus dan PNS yang setingkat dengannya tidak lebih dari Rp 1.830.100 per bulan.

Terlampau tinggi

Gayus setiap bulan tak hanya menerima gaji pokok. Ia, seperti dijelaskan Inspektorat Jenderal Kementrian Keuangan Hekinus Manao pada Kompas.com, menerima sekitar Rp 12,1 juta perbulan. Komponen penerimaan gayus adalah gaji pokok dan berbagai tunjangan Rp 2,4 Juta, remunerasi Rp 8,2 juta dan imbalan prestasi kerja rata-rata Rp 1,5 juta perbulan.

Bahkan, meskipun sama berstatus PNS, pegawai golongan IIIA di level pemerintahan dalam negeri, seperti di pemerintah kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hanya mendapat gaji bersih sekitar Rp 1,65 juta. Gaji itu ditambah tunjangan istri sebesar 5 persen dan tunjangan anak 2 persen dari gaji pokok. Pendapatan itu naik berkala 10 persen setiap dua tahun.

Pendapatan resmi Gayus yang tinggi itu sejalan dengan reformasi birokrasi di kementrian keuangan yang digulirkan pemerintah sejak 2004. sebagai imbangan reformasi itu, pemerintah sejak 2007 menaikkan tunjangan bagi pegawai di kementrian keuangan. Salah satu tujuannya untuk mewujudkan birokrasi Kementrian Keuangan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, serta berkurangnya perilaku koruptif dikalangan PNS.

(foto kami hapus atas permintaan dari saudari tiara di batam)

Walau ada perbaikkan pendapatan bagi pegawai Kementrian Keuangan, “kasta” PNS Ditjen Pajak tetap yang tertinggi di kementrian itu. Santo, PNS golongan III di kementrian Keuangan, dan bukan di Ditjen Pajak, “hanya” menerima sekitar Rp 6,4 juta per bulan. “Gaji staf Pajak memang tinggi tetapi itu tidak mengurangi ‘main-main’ mereka”, katanya.

Gayus juga alumni Sekolah TInggi Akuntansi Negara (STAN). Bagi alumni STAN lain, remunerasi pegawai Ditjen Pajak dirasakan sangat tinggi. Seorang lulusan STAN, yang menjadi dosen di almamaternya, setelah diangkat baru, menerima Rp 6 juta per bulan, yang terdiri dari gaji Rp 5 juta dan penghasilan tambahan Rp 1 juta.

Bandingkan dengan pegawai pajak lulusan diploma III STAN, bergolongan IID dan akan naik menjadi golongan IIIA di Yogyakarta. Dia bisa mendapatkan remunerasi itu belum termasuk gaji pokok, tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan beras, dan imbalan prestasi.

Remunerasi atau balas jasa dari negara diterima sama rata sesuai jabatan dan golongan pegawai pajak di seluruh tanah air. Pegawai pajak yang menjadi juru sita bahkan bisa mendapat tambahan imbalan Rp 20 juta jika dia berhasil mencapai target pencairan tunggakan pajak.

Dengan penghasilan yang besar itu, tidak sedikit staf ditjen pajak yang meminta ditempatkan didaerah yang biaya hidupnya lebih tinggi dibandingkan dengan ibu kota. ”banyak yang berlomba penempatan didaerah karena biaya hidup rendah,” ujar kepala bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DI Yogyakarta Johny Panjaitan, senin (29/3) di Yogyakarta. Pegawai pajak di yogyakarta baru mulai memperoleh remunerasi sejak pertengahan tahun 2008.

Tidak kaget

Dengan gaji yang tinggi dan kemungkinan ”main-main”, sejumlah pegawai Kementrian Keuangan yang dihubungi Kompas, percaya pegawai di kementrian Keuangan tak kaget jika ada pegawai atau pejabat di ditjen Pajak memiliki kekayaan hingga milyaran rupiah. Padahal, mereka hanya menjadi pegawai pemerintah saja. Ini sejalan dengan pernyataan Mas Achmad Santoso, anggota satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, yang mengutip pengakuan Gayus bahwa ia tidak bekerja sendiri. Bahkan, staf Direktorat Keberatan dan banding Ditjen pajak itu menyebut 10 nama lain yang berperilaku seperti dirinya.

Pengakuan Gayus memang tidak ada kaitannya dengan harta mantan Dirjen Pajak Hadi Purnomo dan Fuad Bawazier. Harta keduanya sebagian berasal dari hibah. Karena itu, wajar jika ada tuntutan supaya ada pemeriksaan dan pembuktian terbalik bagi kekayaan pegawai dan pejabat Ditjen Pajak.

Tantangan ini disambut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ia mengatakan, ”yang pertama, kami minta daftar kekayaan dan memeriksa surat pemberitahuan tahunan (SPT) beberapa tahun terakhir pejabat Pajak serta Bea dan Cukai sampai eselon IV serta staf pelaksana yang dianggap rawan berhubungan dengan wajib pajak (WP) untuk dilakukan pemeriksaan secara rinci.”

Johny menambahkan, pengawasan di Internal Ditjen Pajak sebenarnya terus berjalan. Karena itu, dia prihatin menyaksikan masih ada penyelewengan wewenang yang mencederai hati masyarakat pembayar pajak.

disadur dari Kompas hal. 2 tanggal 30 Maret 2010
-Remunerasi Pajak yang Membikin Iri-

ilustrasi cuma lelucon saja...

18 March 2010

Iklan gary o donuts agak BB cekidot

Sebagai seorang yang sering menonton tv tentunya gue perhatian dong sama yang namanya iklan di tv, menurut wikipedia Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor, iklan juga merupakan sebuah komunikasi antara penjual dan pembeli dalam hal ini konsumen pasti menginginkan info produk yang lebih detail agar dalam membeli tidak salah pilih. tul nggak? tul... ya sudahlah intinya iklan adalah media berdagang yang kreatif.

lha tapi kok gue kemaren liat iklan yang kalo menurut gue difungsikan untuk konsumen anak kecil tapi kok story line ceritanya agak BB80++, adalah iklan gary o donuts yang membuat gue terkesima dan takjub, kenapa kok iklan biskuit ceritanya ada orang mo ciuman? apa iya kalo mau ciuman harus beli gary o donut dulu abis itu kita ciuman.

gue jujur agak kurang enak ngeliat iklan ini, kalo ngeliat adegan ini tapi di Film sih ga papa dan bukan terbungkus kata "iklan anak2" tetapi "film dewasa" pasti gue sukaaaa.... hehehehe.... curcol....

Sebaiknya para pembuat iklan berpikir dulu untuk membuat iklan dengan segmen anak2 tetapi kok ceritanya cium2an, lebih baik menampilkan binatang-binatang yang lucu seperti simba cookies, biskuat macan, padle pop singa atau lavenda biang.






bagaimana menurut lo? ini iklan untuk dewasa apa untuk anak-anak sih?

05 March 2010

Nonton Alice in The Wonderland

kemarin gue nonton Alice and the wonderland, film ini dibintangi oleh johnny depp, rano karno dan laudia citya bella, hehehe...ngawur.... dikisahkan ada seorang anak cewek yang mau dikawinin sama bokap nyokapnya namun ia menolak karena ya suka2 dia mau dia menolak ya udah emang kita punya hak buat maksa nyuruh nikah ama sapa gitu, lhaaaa?




kemudian anak itu kabur dan pergi dia bertemu dengan kelinci berkuping panjang, dan dia diajak ke playboy mansion hehehe... nggak ding, dia diajak ke taman indah nan hijau permata abadi nan jaya, lalu tiba2 ia hampiri sebuah pohon beringin namun dibawah pohon beringin itu ada lobang yang cukup besar, dan dia terperosok didalamnya, jatuh hingga kedalam, semakin jauh, semakin jauh, semakin jauh, terpentok piano, terpentok akar2, lalu terjelembab kedalam sebuah ruangan yang cukup besar, ruangan itu bulat, ruangan itu seperti ballroom mempunyai banyak pintu, lantainya kotak2 dan membentuk pola melingkar.

alice membuka pintu itu, namun tidak bisa, buka lagi tidak bisa, buka lagi tidak bisa, eh dibuka lagi, eh tidak bisa, eh dibuka lagi, eh bisaaaaa.... *boong ding* wekekeke...., pokonya ga bisa dibuka, lalu alice melihat diatas meja ada sebuah konci dan biskuat rasa stroberi, ia langsung makan biskuat rasa stroberi dan memakai konci itu agar bisa keluar, namun apa yang terjadi, koncinya tidak bisa digunakan sama sekali, kemudian ia melihat tirai lalu membukanya dan ia melihat sebuah pintu kecil dan bisa dibuka dengan konci itu.

Alih alih ingin keluar dari ruangan namun ia tidak bisa keluar karena badannya kebesaran, dan ia akhirnya meminum ramuan didalam botol kecil yang ada diatas meja disebelah biskuat rasa stroberi, dia minum eh badannya jadi ciut bukan kepiting, pas jadi kecil bajunya gede dan ga ikutan kecil, malu dong dia.... nanti diliat orang "hiiii.... malu ga pake baju, orang gila orang gila...." huwiiiiiiii..... akhirnya disebelah ramuan ada brownies kukus amanda, dia makan lagi eh akhirnya dia jadi gede lagi, tapi mentok sampe atap, yaudah akhirnya dia minum lagi biar kecil, dan kecil lagi dan dia keluar lewat pintu kecil.

pintu kecil yang terbuka itu menjadi batas antara dunia nyata dan dunia khayalan alice, disana ia menemukan dunia baru yang eksotis dan aneh, ada si dua kembar, ulat kepompong yang mengisap sisha dari arab, kucing yang bisa terbang dengan senyuman terlebar lalu bisa berubah menjadi asap, cowok bertopi hitam panjang dan bermata kucing (jhonny depp), ratu berkepala besar (yang main Helena Bonham Carter yang jadi Belatrix lestrange di harry potter and the deathly hallows), tentara kartu yang bisa berlari, anjing serem, dan kelinci tadi.

Oh iya di film ini nama JAKARTA, SUMATERA dan BORNEO disebut-sebut lho......

malahan si alicenya bilang "aku punya temen namanya kenyo di Bekasi lho" jawab alice kepada kelinci itu.

yang gue tunggu2 disini adalah kemunculan peterpan, tapi ga ada tuh.... bete.... padahal mo liat kayak apa peterpan itu.

eh iya gue sekarang suka ngapalin nama orang yang punya name tag di dada lho, tadi yang jual tiket namanya selvi dan yang nyobek tiket namanya sari nurlatifah, pas gue cari di FB ga ada. *kasian*

ok bye...bye... "mari kita bobok" (kalo kata widi vierra d twitter)

update lagi

the cast  of alice in Wonderland
Mia wasikowska (Alice)
Johnny Depp (Mad Hatter)
Helena Bonham Carter (Red Queen)
Anne hathaway (White Queen)
Crispin Glover (IKnave of hearts)
Kenyo (himself)

04 March 2010

Ini bukti kalo saya suka film

halo kawan-kawan ini bukti saya suka film....

nonton alice in the wonderland
nonton newmoon
nonton harry potter half blood prince
nonton transformers revenge of the fallen
nonton terminator salvation
nonton film kambing jantan
nonton laskar pelangi
nonton anda puas saya loyo
nonton syahadat cinta
nonton sex in the city
nonton liburan seru
nonton kawin kontrak
nonton love is cinta

dan ini tiket2nya...






Terimakasih atas partisipasinya selama ini di acara nobar with kenyo 2009...

sapa yang mau ikut nonton lagi?

Coming soon 

"Nobar with Kenyo 2010"

get a ticket and win some big prize 
at the theatre near Popcorn Booth