Skip to main content

Jadi guru bapa2

Lo udah tau kan sekarang job gue apaan?, yup inyomarinyo similikiti wele wele ini sekarang adalah tutor autocad dadakan ngajarin bos gue dirumahnya, hwehwehwe…gue dipaksa jadi tutor or guru les, karena bos gue emang pengen banget belajar gambar, mungkin dia pengen banget jadi drafter Loh?$%@$ ko malah turun mas???, ya nggak lah tapi mungkin juga kali ye dia emang pengen ngerangkap jabatan jadi drafter, malah kata dia besok abis les ini dia mo minta diajarin ama orang admin buat how to be a accountant yang akuntabel, biar gaji drafter ama gaji administrasi diambil ama dia, klo dia ditanya atasannya :

Bos : “Dopar, gimana??? Diproyek kamu udah ada drafter ama administrasinya nggak???”
Pak Dopar : “Ooohhh…udah ada dong bos, udah ada, ini cvnya….”
Bos : “Doparwan drafternya…..ok….mmm….Doparwati….adminnya???”

Bos : “Loh tapi ini drafternya kok mukanya mirip kamu, walaupun rambutnya emang di spike sih???”

Bos : “Loh ini juga adminnya kok mukanya mirip kamu, cuman rambutnya blondi blondi gitu ya???”

Pak Dopar : “Mmm…anu pak…saya ndak tau…dapetnya kaya gitu”

Bos : “Ok deh saya setuju,soal gaji mereka berdua, gaji mereka saya transfer lewat kamu ya???”

Pak Dopar : “Oke bos…..yessssss”

Semua job ditanggung sendiri diproyek, enak gajinya dobel, gambar iya, ngitung duit juga iya, hmmmm…nikmatnya bisa menjadi begitu, hehehe…cuman kisah itu cuman fiktif belaka dan cuman khayalan gue doang, tapi sebenarnya banyak site manager yang kaya gitu, sengaja ga ambil drafter or admin biar gajinya dobel. Dia bisa aja beli gambar ama orang lain dengan harga murah, contohnya aja gue, gue sering ngerjain gambar perusahaan orang laen dengan charge sratus ribu per lembar A3 sampe kelar revisi, dan gue dibayar ama mereka yang menjabat sebagai site manager, waktu itu sih gue seneng banget soalnya gue dapet job 10 gambar, alhasil gue dapet uang jajan kurang lebih sejutaan lah.
Sekarang gue adalah guru les, gue menggurui orang yang pantas gue panggil bapak, soalnya udah tua juga gitu umurnya, umurnya dia sama ama nyokap gue, dia bernama Mudopar, serem ya namanya…, iya emang, rumahnya di deket Tamini square, didaerah pondok gede gitu deh, jadi tiap hari gue pulang balik pondok kopi - pondok gede - pondok kopi - pondok gede, ditengah2 ada pondok kelapa…ama pondok bambu ada apa dengan pondok pondok???
Hari pertama menjadi seorang guru les sungguh melelahkan, gue baru tau gimana susahnya jadi guru, gue salut ama guru sd, pokonya top lah jadi dia, pertama2 ngajar pak dopar sih gue tadinya deg2an, takut dicekek kalo ntar salah, or di smack down diruang tamu kalo tiba2 gue ngajakin smack down (Yaiyalaaaahh…), gue harus sabar gue harus tenang menghadapi ujian hidup ini, dengan perlahan gue ajarin dia sampe bisa, “Klik disini pak….iya disitu…bukaaaan….klik disini….ya….loh….jangan….aduh….”
“nah...iyak...bukan....loh....aduh...nah....dikit....sampingnya....nah....yak....aduh....bukaan”
“gimana sih...sini....iya...loh...mmm...disini ya....lah....nah....bener kan....loh....tapi???”
“Bletak…”, “Duk…”, “Krompyang….”, “Kyaaaa….”
Suasana tegang karena tiba2 pak dopar tidak sabar ingin mjadi bisa dan mjadi ahli, kemudian matanya jadi biru trus badannya jadi gede dan ijo, bajunya jadi sempit trus sobek…

kriekkkk…

Pak dopar jadi HULK!!!

Gue cuman bisa bingung, mengapa semua ini bisa terjadi???
Laptop sebagai sarana belajar mengajar dibanting banting ke meja “duk…duk…duk…”


Waduh gimana ya ini, bisa gawat kalo tiba2 istrinya keluar keruang tamu trus mengetahui suaminya kumat gara2 ada guru sableng ngajarin komputer.

Akhirnya gue minumin pak dopar pake aer putih trus gue elus2 punggungnya sambil bilang “nyebut pak nyebut….nyebut CO kalo mo Copy, nyebut L kalo mo buat line or nyebut C kalo mo buat Circle….”

Akhirnya pak dopar kembali ke wujud asal dan bilang ke gue “maap ya sur...saya kalap”

Itu hari pertama

Huh...

Hari kedua gue malahan diajak ke carefour buat beli printer, pas gue nyampe kerumahnya aja dia lagi bawa gas sama trolinya, trus dia bilang “sebentar ya sur, saya mau beli gas dulu, gas saya abis, istri saya udah nungguin, nanti kita sekalian beli printer ya di carefour???”

Terlihat siluet pak dopar yang menjauhi gang menuju toko penjual gas, siluetnya hitam dibawah tiang listrik yang menyinari, dan bunyi kelontang troli tua yang berderit riang, akupun masih menduga duga akan kejanggalan ini, lo ko jadi harry potter ?

Gas??? Printer??? Sejak kapan printer make gas???, bukannya make tinta???

gila ni orang sakti amat, mo blajar ngeprint aja musti bli printer dulu, bli printer kaya beli kacang rebus, mana blinya deket banget lagi, la iya orang rumahnya deket banget ama tamini square, jadi kita kesono ga ada semenit udah nyampe,

akhirnya kita udah nyampe didalem carefour, kita berdua udah ada didepan rak printer, pa dopar nyuruh gue pilih yang bagus, akhirnya gue pilih canon IP 1810i yang warnanya item dan emang kemaren gue juga abis beli itu,

pas nyari kertas A4 ama CD blank pa dopar ketemu tetangganya

tetangganya pa dopar : “wehei pa dopar....bli apa nih disni???”
Pak dopar : “eh ....anu...mmm...nggak... jalan2”
tetangganya pa dopar : “ooo....”
Pak dopar : “lu ngapain kesini, sialan???”
tetangganya pa dopar : “ini gua Cuma beli snack sama soft drink”
Pak dopar : “Lah beli gituan di warung depan gang juga ada???”
tetangganya pa dopar : “Beda dong rasanya, carefour gituh”


hwehwehwe...ketemu tetangga di carefour??? Gue si belom pernah, bos gue udahhhhh, gila dahsyat banget man

semua terjadi begitu cepat dan singkat, hingga aku merindukan saat2 dimana swalayan adalah tempat yang paling indah untuk ku menari, biasanya ke mall itu sambil cuci mata ini nggak, ke Tamini square, parkir, trus ke carefour, cari printer, tunjuk printernya, bayar, ketemu tetangga, abis itu pulang, udah gitu doang, sakittt.... ga ada seninya pisan, padahal gue masi pengen stay lama2 disini, gue pengen maen prosotan di kids playground, oh sudahlah emang udah nasib.

Abis itu kita berdua pulang dan masang2 printernya trus ngajarin bos gue sebentar kemudian pulang, hari hari seperti itu terus berulang hingga saat ini, dongeng ini melegenda dari pondok gede hingga kampung rambutan, sampai dimana aku berhasil melatih HULK menjadi seorang drafter ohhhh...so sweet.....

Comments