Skip to main content

flash back in the light

Kalo liat video klip nidji yang arti sahabat, gue jadi inget watu sma dulu, gatau kenapa gue jadi inget masa2 sma dulu ya, mungkin karena video klipnya nidji yang emang nyeritain promnightnya anak2 sma, mmm…padahal gue mah dulu ga ada prom night, adanya jaipong night ama kucing garong night uhuuhuhuhuuhu…., gue jadi inget betapa kelas 2 sma, catet ya 2 sma, betapa gue ibaratkan bumi ada digenggaman tangan gue, sakti banget dah kalo inget jaman2 itu, jaman2 dimana gue ma yoga, ma raphael, ma budi, ma tuamy,ma chepy dan kawan2 bersekolah dengan begajulan sekali, yang gue inget dari kelas dua adalah teman baru, bangun pagi, prambors, meja belajar, bimbel, sinar matahari, angkot, jalan raya ma having fun, tindakan bodoh yang dilakukan pada saat itu adalah hal pintar bagi teman2 yang lain, nyontek, ngebet, or copy paste itu halal pada saat itu, malahan kami pernah ga bayar pas naik bis, itu emang keajaiban sesaat, dan kami menganggap itu adalah rejeki, kebetulan gue sekolah di sma 59, dan pada saat kelas dua gue satu kelas ama yoga, hwehwehwe…. asal tau aja si yoga temen satu komplek ama gue, jadi alhamdulilah gue punya temen satu komplek yang satu skolahan juga, pas pertama kenal yoga ya baru itu, padahal kata nyokap gue, gue tuh pernah satu kelas ama dia waktu tk, hal yang paling nggak banget dari temen gue itu adalah…kesekolah naek truk, rada aneh sih emang watu itu, gue lagi didepan komplek mo nyegat angkot, eh tiba2 ada truk lewat, trus ada yang manggil gue dari balik truk “Yo…yo…naek ayo…gratis” sambil julurin tangan dari atas, like a hand of god comes down, gue sih cuman bingung pada saat itu, gue nengok keatas sambil nganga “hah…mmm…nggak…makasih….”*bingung*, gue kirain didalem truk ada sapi yang manggil2, eh ga taunya si yoga, emang watu itu si yoga kebetulan tetangganya kalo pagi nyupir truk, dan rute truknya ngelewatin sekolahan gue, gue sih ogah naik begituan, clana gue bisa robek kalo gue naek, maklum ga bisa naek watu itu dan sama sekali ga kepikiran buat naek, amit2, mendingan gue naek gajah lampung dah, walopun telat sampe kelas, yang penting funky. Itulah suka duka kami sebagai pelajar, jam 5 gue udah harus melek, untung waktu itu ada prambors, kalo ga salah yang sering gue dengerin kalo sebelom berangkat sekolah adalah programnya vena annisa yang bernama petok2 kalo ga salah, nah gue demen banget kalo prambors muterin lagu summer jam dari project underdog, lagu itu sepertinya adalah soundtrack in the morning gue banget, lagunya ngebit2 gitu deh pokonya asik deh, top 40 juga pada masanya, pada tahun 2000, kalo pagi ritualnya selalu sama, waker berbunyi-matiin-nyalain lampu kamar-jalan kekamar mandi-take a ‘p’-wudhu-solat subuh-loncat ketempat tidur lagi-nyalain radio-dengerin lagu bentar-nyiapin buku sambil bawa anduk-mandi-lalu tancap bro kesekolah. berangkat watu itu udah ga percaya ama jam, soalnya orang jakarta udah ga pake itu lagi kayanya, orang jakarta pakenya matahari, kalo masih gelap berarti ga macet (anda beruntung), kalo udah terang berarti macet dan anda gagal, bahkan kalopun matahari iseng nongol jam 4 pagi, mungkin semuanya pada buru2 masuk sekolah, padahal masi jam 4 pagi, jadi satuhal yang gue pelajari dari semua itu adalah matahari sangat berkuasa pada waktu itu, soalnya kalo udah terik sedikit artinya macet dan klakson membahana diseluruh kota.
Kalo dari pondok kopi gue naek angkot 25, nah angkot ini adalah langganan anak2 59 sama anak2 36, soalnya angkot inilah yang ngelewatin dua sekolahan tadi, jadi berkat angkot ini, kita2 anak2 59 bisa lebih dekat dengan anak2 36 yang naek angkot ini, biasanya gue kalo pagi barengan naek angkotnya ama yoga dan anak2 59 yang laen, anak2 baru mao naek kalo angkotnya asik dan isinya juga asik, yah u tau lah arti kata asik dari kalimat tadi, pokonya pewe dah, bikin pengen naek angkot terus nganterin dia yang asik sampe sekolahannya, hwewhehwe…maklum kelas dua adalah masa dimana teman2 kita para wanita mengalami perubahan fisik yang sangat cepat, masa dimana tumbuh satu persatu anggota badan yang baru dan orisinil pada waktu itu, hwehwehwe…dodol…,
Nyampe sekolahan biasanya gue, yoga, ma raphael langsung nongkrong didepan kelas, padahal itu masih pagi, dan kita semua senang melakukannya cuman gara2 kita emang demen aja sama keadaan itu, semuanya duduk diam berjejer didepan kelas sambil masi nahan ngantuk,”hoooaaaahhmmm…”, kita (gue,yoga,raphael,budi doank, chepy, tuamy ma dominicus) semua bengong sambil niup2 tangan biar ga kedinginan, semuanya fokus pada sebuah pohon dan menatapnya penuh teliti, hening…., angin pagi melambai semilir, lalu tuamy berkata, “2712…yak segitu”, “enak aja 2710 lagi…lo kelebihan dua” kata budi, “udah-udah jangan ribut…gitu aja ribut….ayo kita itung lagi!”, dan semuanya kembali menghitung.

Abis ritual itu biasanya kita balik masuk kekelas buat ngerjain akuntansi, gue sih ikutan nimbrung aja sekalian nyontek, abis gue sama sekali gaga ngerti ama akuntansi, dan emang bener ajah gituh, dari mereka mereka itu yang masuk ipa cuman gue sendirian, yang laen masuk ips, apa emang karna mereka jago akuntansi yah?, gue sedih masuk ipa sendirian, gue pengen banget sebenarnya masuk ips kaya mereka2 tapi karena gue ga bisa akuntansi makanya gue pasrah masuk ipa, dikelas gue duduk ama yono, gue duduk ama yono juga ga sengaja gara2 udah keabisan bangku, didepan meja gue adalah meja guru, lo tau kan kalo duduk didepan meja guru tuh butuh mental dan jiwa yang kuat?, jadinya gue duduk paling depan dan pasrah, nah diblakang gue adalah nopi sama melly (bukan melly goeslaw), biasanya gue belajar mata pelajaran eksak ya dari mereka2 ini soalnya menurut kabar berita, mereka2 inilah yang jago, jago nyontek dari kelas laen maksudnya hwahwahwa…, gue duduk disamping jendela, nah inilah yang bikin gue gosong waktu kelas dua, gimana nggak gue kebakar sinar matahari berempat dikelas, cuman menurut gue hal inilah yang bikin otak gue encer, soalnya lemak2 dibadan gue kebakar dan metabolisme gue naek, nah itu mungkin yang bikin otak gue jadi encer hwehwehwe….filosofi yang aneh.
Walaupun gue duduk didepan kelas tapi temen akrab gue tu anak2 yang duduk dibelakang, mereka adalah yang udah gue sebutin tadi ,raphael,budi doank, chepy, tuamy ma dominicus, pokonya tidak ada keraguan diantara mereka untuk belajar didunia yang luas ini, paham kita adalah pemenang bukan pecundang, nah mereka tuh satu gank, pokonya kemana2 bareng, nongkrong bareng, upacara bareng, olahraga bareng cuman pipis doang yang ga bareng huhuhuhuu…., selain mereka ada juga gank cewek yang ternyata menginfluence mereka (temen2 gue) dalam hal berbicara, jadi kalo mo ngomong ma mereka harus nyebut nama masing2 dan nama yang diajak bicara, memang terlihat sangat menjijikan, namun itu hal wajib yang musti dilakuin, kalo ga, dia ga mau jawab, contohnya seperti ini :
Tuamy : “rika udah buat pr matematik apa belom? Tuamy mo liat dong”
Rika : “rika belom buat, malahan rika tadinya mo liat punya tuamy”
Tuamy : “hah…rika mo liat punya tuamy???...rika beneran mo liat?”
Rika : “yeeee…”
Oh begitu so sweetnya masa2 dimana sma dulu, andai kalo gue jadi presiden indonesia nanti, gue bakal mensyahkan percakapan seperti tadi menjadi percakapan berstandar nasional, dan bila tidak diterapkan akan dikenakan sanksi kurungan 3 bulan penjara dan denda maksimal 1juta rupiah, jadi indonesia akan damai karena peraturan ini.

Direstoran
Pengunjung restoran : “vina mau onion ringnya pake mustard diatasnya, trus minumnya vina mau lemon tea aja ya”
Pelayan Restoran : “ok vina, onion ringnya satu dan lemon teanya juga satu ya, nanti bagus antar deh ke meja vina, terimakasih ya vina”
Pengunjung restoran : “ok deh bagus, vina tunggu ya…, makasih ya bagus”
Pelayan Restoran : “sama sama vina…”
Niscaya tidak akan ada lagi store manager yang dituntut oleh pelanggan, restoran akan damai dan tenteram

Ditaksi.
Penumpang : “pak antar vina ke airport sekarang juga ya”
Supir taksi : “ok vina, cahyono akan antar vina ke air port sekarang juga”
Penumpang : “ngomong2 si jojon kemana cahyono?”
Supir taksi : “cahyono ga tau tuh, kayanya jojon hari ini ngga narik vina”
Penumpang : “ooo….”
Takkan lagi ada kejahatan didalam taksi bila semua ini jadi nyata

Ohhh…serunya masa2 sma dulu, suryo jadi pengen balik lagi ke jaman dulu, udah ah suryo mo cabut dulu yah.

Comments