04 May 2008

LOMO CAMERA


 
 
 

Kemaren gue pengen tau about kamera lomo, apaan sih kamera lomo?, berapa sih kamera lomo?, dan dimanakah membeli kamera lomo, lomo...lomo...lomo...lomo...lomo...lomo... (katakan dengan es batu dimulut), lomo...lomo..lomo...lomo...wlo...wolo...wlo...lo...lo...lo...lomoooo... soelomo... loh? itu mah nama pakde gue, hwewhewhe...ko jadi beler gini gue, nggak gue jadi penasaran ama kamera lomo tuh gara2 liat luna maya di infotainment beli kamera tersebut, gue langsung penasaran kenapa juga luna yang artis sampe bilang "iya nih, udah lama banget pengen beli kamera ini tapi baru bisa beli sekarang", "kebetulan lagi ada rejeki lebih" nah kata2 ""kebetulan lagi ada rejeki lebih" inilah yang bikin penasaran, setau gue kalo ada rejeki lebih biasanya nyokap gue beli tanah, "kebetulan ada rejeki lebih makanya ibu beli tanah didaerah situ" wah berarti mahal dong nih kamera, sampe2 luna maya baru bisa beli pas ada rejeki lebih, gilaaaa...., berapakah rejeki dari luna maya? itu takkan dibahas disini, cuman berapa ya harganya? sampe2 si luna maya bilang gitu berarti kesimpulan 1 : kamera ini mahal.

dan setelah gue browsing2 di internet, google mengarahkan gue kepada Blog Dian Sastro
disitu ada dian sastro yang juga punya kamera lomo, dia bilang beli kamera ini juga gara2 ga sengaja liat di toko buku aksara, tiba2 aja ada trus dia beli, kesimpulan 2 : kamera ini sulit dijumpai, penampakannya terbatas.

trus waktu di infotainment si luna juga bilang "lucu aja gitu dari plastik" berarti kesimpulan ke 3 : terbuat dari plastik

dian sastro says :
"Kemarin lagi jalan-jalan di Aksara Bookstore, tiba-tiba lagi ada camera Lomo yang masih dijual. Akhirnya gue beli HOLGA yang warna warni terus fisheye2! Pake eksternal flash light!!! Inilah contoh-contoh ekserimen roll-roll pertama.
Dan belakangan akhirnya gue coba juga DIANA+. Seru banget deh!!!! Yeay..!"
kata kunci k 4 adalah Holga, fish eye dan eksternal fisheye

jadi pas abis baca blognya dian sastro dan denger dari luna maya gue baru dapet kesimpulan bahwa kamera ini adalah kamera yang mahal yang terbuat dari plastik dan bisa dibeli di toko buku aksara

ehm...ehm.. dan setelah gue telusuri lebih banyak lagi di forum2 camera lomo, ternyata kamera ini tuh harganya antara 700ribu sampe 1,5juta an kirain mahal amat apah, ga taunya harganya masi dibawah kamera SLR yang 10jutaan, gue juga jadi heran ama luna maya, masa spend duit 700ribu ampe 1,5jutaan dibilang mahal, ternyata artis juga manusia biasa seperti gue yang bilang duit segitu tuh gede, cuman bukannya luna udah punya clothing line sendiri yang menurut gue lumayan juga buat beli banyak kamera lomo.

kamera ini berasal dari rusia, dan dikembangkan oleh pabrik yang bernama LOMO juga, kamera ini dibuat sama perusahaan yang juga membuat peralatan militer di rusia, pembuatnya bilang kamera ini kompak dan tinggal jepret, tapi hasilnya seperti fotografer profesional, bisa ada efek2 kaya fish eye dan efek2 yang bisa bikin jadi warna-warni, ya elah itu mah dipotosop juga bisa, cuman keren juga sih tinggal jepret langsung cetak, ga usah repot2 edit2 di potosop.

sudahlah about luna dan kamera lomo nya, yang penting gue jadi udah tau abot dis gejet and the kelebihan2nya, kelebihannya adalah keren dan ada komunitasnya juga loh di indonesia.

info lainnya : sumber http://yodisetyawan.wordpress.com/2008/05/17/lomo-camera-lomography/



Zaman sekarang banyak banget orang yang cinta Fotografi. Punya kamera SLR udah jadi tren. Tapi dengan kebutuhan yang melambung bisa bikin kita pening. Butuh banyak banget duit. Nah, mau yang murah, menarik, seru, fun, dan gak butuh pinter-pinter fotografi, jawabnya adalah LOMO atau Lomography.

Bahasa aneh apapula itu? Lomografi? Tenang, kita bakal kasih tau biar gak ketinggalan jaman. Sebenarnya Lomografi ini ini adalah sebuah trademark dari produk Lomographische AG asal Austria. Nama ini dilisensikan dari perusahaan LOMO PLC di St. Petersburg, Russia.
Kamera LOMO LCA 35 mm memiliki lensa yang nggak biasa yang menghadirkan banyak distorsi di bagian tepi gambar dan gambar yang jernih di bagian tengah. Kamera jenis ini dipopulerkan oleh seorang pengusaha asal Austria yang memiliki galeri internasional.
Lomography menghadirkan gaya fotografi yang kasual dan lebih dekat dengan gaya snapshot, gangguan foto seperti over-saturated colors, lens artifacts, dan cacat gara-gara exposure malah menghasilkan efek yang abstrak. Kamera ini bagus banget untuk dipakai sehari-hari karena ukurannya kecil, dan kemampuannya untuk mengambil gambar di daerah yang cahayanya rendah (mendorong maraknya candid photography).
Kalau Eastman Kodak punya konsep “Kodak moment”, maka Lomography punya konsep “don’t think, just shoot” yang mengandalkan pada spontanity, close-up dan tidak terlalu memikirkan tehnik foto formal.
Lomographer adalah komunitas para fotografer Lomography, mereka adalah komunitas penggemar kamera kompak Lomo dan kamera plastik mainan lainnya. Lomo diambil dari nama perusahaan persenjataan dan optik Rusia yang menghasilkan kamera kompak tersebut. Kamera kompak pertama buatan pabrik ini diberi nama Lomo Kompakt Automat atau lebih dikenal LC-A ( Lomo Compact Automatict). Lomographer memilih kamera ini karena kemudahan dan tak perlu memikirkan hal-hal sangat teknik, yang dipentingkan adalah moment, warna, bentuk, dan gambar itu sendiri.
Perkembangannya tidak hanya satu jenis kamera, ada bermacam kamera yang selalu lomographer gunakan, seperti Holga kit, Colorsplash camera, Horizon 202, Pop 9, Action sampler, Cybersampler, Super Sampler, 3D Camera set, Smena 8 dan Seagull TLR. Seribu kata tak cukup untuk merasakan dan memahami komunitas ini, jika tidak ikut mencoba.
So, chose your gear, don’t think just shoot.. Jangan takut jika karya yang dihasilkan jelek, karena tiap gambar yang dihasilkan adalah sebuah keindahan, jika tidak untuk teman sekamar anda maka komunitas ini pasti mendukung karya kamu, jadi gabung aja sama para lomographer dunia untuk membuat dunia lebih berwarna. Untuk menjadi komunitas lomo dunia cukup klik www.lomography.com. Stop thinking, just shoot!

Informasi tempat cuci cetak & beli film (diambil dari klastic)

Jakarta
- Istimewa Foto
Jl kebayoran Baru No. 16e
Kebayora Lama telp 7204107, 7269492
Jak - Sel (pasar kebayoran/di bawah fly over)
Keterangan Biaya :
Cuci 120mm Color / BW : Rp. 8000
Cuci 135mm Color / BW : Rp. 6000 (kalo gak salah,lupa gw)
Scan (include CD) : Rp. 15000/roll
Film 120mm BW : Rp. 10000/roll
*kadang-kadang suka ada stock film 120mm

- Foto Praga
di depan persis URBIE jatiwaringin
Keterangan Biaya :
Cuci : 10.000
Scan + CD : 20.000
*bisa ditunggu 1jam-an katanya

- Maya Studio
dari jatiwaringin ke arah pondok bambu, letaknya depan pom bensin yang pertama kali diliat hehe adanya di sebelah kiri, sebelahnya persis kayaknya sih supermarket apa gitu ahaha
Keterangan Biaya :
Cuci : 5.000
Scan + CD : 12.000
*pelayanannya cepet & tinggal request bersihin scannernya + jgn terlalu byk di "mainin" hasil fotonya.

- Jakarta Foto
Jl. H. Agus Salim 35A (sabang). Telp 9309233
Keterangan Biaya :
cuci + scan warna dan BW film 135: 40 ribu (incld cd)

- Adiwarna
Jl. H. Agus Salim No. 48 (sabang). Telp 3100465
cuci + scan warna film 135: 25 ribu (incld cd)
*gak bisa proses BW

- Pasific Foto
Jl. Letjend. Soeprapto no. 90 (sebelah selatan fly over Senen)
Keterangan Biaya :
cuci: 8rb/roll (ga bisa BW)
scan: 10rb/roll (uda tmasuk CD)
*cuma bisa proses film 135mm

- Modern Photo
JL.Raya Ragunan No.8c. Pasar Minggu-Jakarta Selatan. Telp (021) 7890987
Keterangan Biaya :
Cuci+scan Rp.15.000/roll
Plus Cd nambah Rp.10.000 (ky'a blh bawa flashdisk)
*BW atau Warna sama aja

- Bro rio_suck
jl. Idhata no. 13 komp DEPDIKNAS. Kemanggisan, Jakarta Barat.
CP : sms only ke 081519642780/PM
Keterangan Biaya : 10rb/roll [scan 5 gratis 1 roll]
http://mastoycam.wordpress.com/
Buat toycammers yang gak mau ribet!!

- Metro Atom Lantai 2. Pasar Baru

- Heyfolks!
Jl. Bumi no 17 Mayestik, Kebayoran baru, Jakarta
telp 021-93150452

Bogor
- Kodak Express
Jl Raya Pajajaran Ruko Warung Jambu Permai 9. Tel : 0251-8312042
Keterangan Biaya :
cuci : 15rb
cetak 3R : 2000/lembar
scan CD 120 : 50rb
scan CD 135 : 25rb

- Camera Foto
Jl. Surya Kencana 8. Tel : 0251-8328731
Keterangan Biaya :
cuci : 10rb
cetak 3R : 1500/lembar
scan CD 120 : 50rb
scan CD 135 : 25rb

Tangerang
- Champion Photo
Supermall Karawaci, Tel. 5489121
Keterangan Biaya :
cuci : 10rb
scan + cd : 20rb
Proses nya plg lama 30 menit/film.
*scan foto nya bisa berikut sprocket hole nya

- Yen Pop
Jl. Raya Serpong Km. 7 No. 8. Telp : 021-70201359
Keterangan Biaya :
cuci film negative : 5rb
scan : 10rb
index print : 3rb

- BAT Color Photo Lab
Jl.Kisamaun No.91 Pasar Lama-Tangerang
Keterangan Biaya :
cuci+scan = Rp 22.000/roll

Bandung
- FotoPro
Jl. IR. H. Djuanda No 310. Phone 022-2500304
Keterangan Biaya : Cuci+Scan+Dvd = 20rb/roll

- Seni Abadi
Jl. Wastu Kencana no 87
Keterangan Biaya : cuci+scan 35mm/120mm = Rp20.000,- (resolusi standar), Rp30.000,- (resolusi tinggi)

- Seruni Merdeka photo Bandung
Jl.Merdeka no.49 Bandung, depan BIP
Keterangan Biaya :
cuci 135 biasa >> bisa, cuci + cetak + scan = 35rb
*ada film Fuji Superia ASA 200 expired 2 bulan lagi diskon 50% = Rp.8.250
*cuma bisa proses film 135 doang [tanpa sprocket]

- Papyrus Photo
Jl. Bengawan No 29. telp 022-7234596, 022-7234576
Keterangan Biaya : Scan + Roll + CD = 20rb/roll

- Jonas Photo
Jl. Banda 38. Phone (022)4201-1010
*udah jarang stock film 120mm

- Nasir Photo
Jl. Tamansari No. 9 Bandung. [deket UNISBA sebelum Circle K. masuknya dari taman flexy]
Keterangan Biaya :
cuci film bw 135/120 = 10rb/roll
cuci film color 135 = 6rb/roll
cuci film color 120 = 8rb/roll
scan = 6rb/roll
*siapin flashdisk sendiri, buat mindahin hasil scan-nya
*bisa scan film 35mm dengan sprocket hole-nya

- Kamal Photo
Jl. Braga 91, Bandung. Phone 423-4326

- EAT 347
Jl. Trunojoyo No.4, Bandung Jawa Barat
Contact : 022 4200515

Yogyakarta
- Central photo colour lab
Jl. Solo 50 yogyakarta, Telp. 0274 515396
Keterangan Biaya :
Cuci 35mm : Rp. 5000
Cuci 120mm :Rp. 5000
Scan 35 mm : Rp. 15.000
Scan 120mm :Rp. 20.000

Surabaya
- Bro ameck
Phone 0856-48700-415/031-60-8900-19/PM

Malang
- FOTO Pantai
Jl. Merdeka Timur No.2 G Telp 366132
Jl. Basuki Rachmat No. 6 F Telp 326172
Jl. LetJend Sutoyo No. 64 Telp 491364
Jl. Borobudor Blok B-2 Telp 495625
Jl. Galunggung 58 Blok E & F Telp 565662
*ditambahin 0341- buat kode area

Keterangan Biaya :
Cuci= Rp. 5000
Scan=RP 500 per film (klo 1 roll 36 exp tgl kaliin aja Rp 500)
transfer CD=Rp. 4000

Pontianak
- Yakin Photo
Jl. Ir H. Juanda BB 7-8
Keterangan Biaya :
Cuci/Proses = 9rb/roll
scan roll + cd = 9rb/roll

Batam
- M-Star Photo Studio
MegaMall Lt.UG N0.261 Batam Centre
Keterangan Biaya : Proses + Scan = 25rb/roll

kalo mau gabung ke klub kamera plastik dan toy camera
http://kaskus.us/showthread.php?t=1252064

kalau mau beli dikaskus nih linknya ada disini 

26 comments:

  1. gw juga penasaran,,dimana-mana orang bilang lomo...trus serach eh nemu blog elu..salam kenal bos...lomo di balikpapan ada ga yah???

    ReplyDelete
  2. Wah bagus infonya // Salam dr JOgja //

    ReplyDelete
  3. blogwalking.. makasih infonya ! bingung antara supersampler apa diana skalian (katanya diana bisa di ganti2 lensa) haduhh. bingung bingung ~

    ReplyDelete
  4. KMAREN TEMEN GW BARU BRLI lomo warna kuning biru gtu..
    asli lucu abis,,bentuk nya tuh bner-bener jya mainan ponakan gw..warna nya juga seru ko..
    dya beli di bawah 800rb.
    tapi kta temen gw , nyari film nya tuh susah banget...
    males kan kalo cuma buat pajangan doang, mdgan gw bli maenan anak2 sekalian.
    so mikir 2 kali deh

    ReplyDelete
  5. jah coba aja kamu ngulas kamera lomo berikut harganya :(

    ReplyDelete
  6. silaken kunjungi lomonesia.multiply.com untuk info dan galery para pecinta kamera lomo di indonesia, sekedar info saja, pecinta lomo sudah merebak bukan hanya di jakarta saja melainkan juga di bandung, jogja, solo, surabaya, kediri, malang, bali, pontianak dan makasar.

    salam " dont think just shot "
    lomonomore.multiply.com

    ReplyDelete
  7. mahal jg yh... da yg dbwh 700 gg?? djkt tmpt bellinya dmn???itu pake film/digital??

    ReplyDelete
  8. hihi penasaran deh tentang semua camera lomo. gara-gara nonton film gitu. sebenernya cara memakainya susah gak sih? and apa kegunaannya? oiya tempat belinya juga dimana sih?hehe kalo untuk anak seusia aku (15thn) camera itu terlalu berlebihan gak?thanks and maaf yah banyak nanya.

    ReplyDelete
  9. tx ya ini blogna..
    emang g penasaran bgt dgn lomo..
    sampe g liat hasil foto jepretan temen g di fb na..

    tapi bener juga kata salah satu blogger...
    sebelum beli emang harus tahu dulu tuh gimana ngerawatna.. beli filmna dimana, emang g blm cari2 lagi seh.. info tentang itu semua..

    btw untuk pemula lebih baik pake yang mana ya..
    holga ato diana ato ada lagi..

    sekali tx ya..

    ReplyDelete
  10. pengen banget punya lomo,,
    tapi filmnya masih susah tuh,,
    lagian,,di bandung beli dimana???
    ada yang tau ga???
    sekalian,,holga ama diana, bagusan mana???
    hatur nuhun,,bos

    ReplyDelete
  11. bisa kirimin jenis gambar and kamera lomo ke email aku ngga????? PLISS banget kalo MAS/ABANG/KAKAK? lagi ngga sibukk.. suka banget sama lomo ini email ku (freetea_bery22@yahoo.com) thansksfullllll... keep me informed yahhh :))

    ReplyDelete
  12. denger2 ada yang 500 ribuan kan? yang mahal tuh filmnya.

    ReplyDelete
  13. kalo d sbt bli dmn mas...trz tipe yg cck untuk pemula apa....makasi

    ReplyDelete
  14. d bandung filmny bsa dbli k kamal braga.

    ReplyDelete
  15. @orang bandung : makasih infonya...

    ReplyDelete
  16. wahhh lomo, aku juga suka lomo. tapi harganya agak mahal si ya.. huhu.. ada yg suka underwater camera gak? kemaren gw bis beliin kado buat temen, harganya bersahabat.. tapi belinya kebanyakan soalnya kirim lgsg dari amrik.. klo ada yang mau bolehhh ni biar gk mengendap di rmh :) http://underwatercamera.multiply.com

    ReplyDelete
  17. @diatas gue: harganya berapa? alamat yang bisa dihubungi mana? jualan disini juga ga apa2 kok

    laen kali jgn anonymous!!! dong emang ga bisa kamu naro link di form coment??? pilih aja name/URL version...

    ReplyDelete
  18. kalo mao beli underwater camera lomo hub :

    nasigorengpaketelor@hotmail.com

    ReplyDelete
  19. oya kira2 harga kamera lomo itu berapa ya ?? penasaran jadi pengen beli dan belinya dimana ya?

    ReplyDelete
  20. Menarik Artikelnya Mas.......

    ReplyDelete
  21. Heyy... salam kenal yaa... Thx buat infonya. Btw kalo tempat beli kameranya blm ada infonya ya? mau dong diinfokan kalo ada, thx again :)

    ReplyDelete
  22. kalau beli cam. lomo d bdg dmn? d eat ??

    ReplyDelete
  23. harga lomo brapaan si ?

    ReplyDelete
  24. MAU NGE-JUAL SAMA CARI RESELLER KAMERA LOMO

    LOMO TOYCAM KUNING = IDR 77000
    LOMO TOYCAM UNGU = IDR 72000
    AQUAPIX = IDR 160000
    DISDERI 2 LENS, 3 LENS, 4 LENS = IDR 160000
    JELLY LENS = 62000

    harga belum termasuk ongkir
    barang ready stock dan pre order

    Mau jadi reseller ato beli eceran?
    Hubungi 085647276919

    Kunjungi http://akoskiosonline.blogspot.com/2010/05/kamera-lomo.html atau http://fotografi.tokobagus.com/kamera-untuk-keperluan-lain/kamera-lomo-aquapix-disderi-608987.html

    ReplyDelete
  25. kamera lomo kan banyak jenisnya nih, gw jd bingung mau beli yg mana,, ada ga ya yang bisa satu kamera trus untuk yang lainnya pake eksternal? Thank you

    ReplyDelete
  26. pengen ihh jadinya kamera lomo :/
    hhmm

    ReplyDelete

Jangan Ragu untuk Berkomentar... Ayo kamu bisa....