25 February 2009

Film Generasi Biru Slank

Kemarin saya setelah stress seharian dikantor saya langsung melarikan diri ke mall terdekat buat re-pressing loh salah ya refreshing biar ga stress2 amat, di mall banyak sekali orang2 berkumpul untuk sekedar melihat lihat atau sengaja untuk dilihat-lihat, nggak tau kenapa saya sangat suka sekali posting tentang kegiatan saya di mall, entah itu nonton dibioskop, menceritakan cerita filmnya hingga saya seperti kritikus film yang benar2 gadungan, makan di foodcourt, jungkir balik di eskalator, atau kejar2an dengan satpam. Entah mengapa mengapa entah yang dientah-entahkan saya sangat suka sekali hang-out setelah pulang kerja, tetapi hang-out dan out-hang sangatlah berbeda, percayalah karena hang-out berarti digantung diluar sama seperti yesterday afternoon kids yang bermakna bocah kemarin sore hehehe....


Kebetulan sekali hari ini adalah hari selasa, hari dimana senin telah berlalu dan hari dimana esok rabu akan bersinar maka dari itu hari rabu berada tepat dibelakang hari kamis disusul hari jumat dan hari sabtu datang menyusul pelarian hari minggu, benar – benar kata2 yang sangat tidak penting, dihari selasa ini kebetulan sekali saya melarikan diri ke mall terdekat yaitu bekasi skwer tekewer tekewer, mall yang benar2 bagus dan mall yang benar2 sepi dari pengunjung, mall yang tersudut dipinggiran sekali tapi bagi saya ini adalah berkah, seperti menemukan tempat rahasia diwaktu kecil, seperti dirumah sendiri seperti dikamar sendiri, memang terdengar norak dan bersahaja namun...




 
Saat ini saya sedang berada didepan poster film slank generasi biru yang terpampang didepan mata saya, namun saya lihat sekeliling bioskop tampak sepi yah maklumlah karena ini hari selasa hari dimana senin telah berlalu dan hari dimana esok rabu akan bersinar maka dari itu hari rabu berada tepat dibelakang hari kamis disusul hari jumat dan hari sabtu datang menyusul pelarian hari minggu, benar – benar kata2 yang sangat tidak.....ok.... lanjut, karena tertarik maka saya memutuskan untuk membeli sebuah tiket untuk pertunjukan film slank tersebut.

Sebelumnya saya sempat berpikir ”umm...menonton film garin nugroho adalah menonton film berat”, otak saya harus bekerja keras menonton film ini, iya dan tidak sempat berkecamuk dalam hati namun apadaya tiket sudah ditangan dan itu mengharuskan saya memasuki gedung film yang akan memutar film ”slank” yeeeaaaaahhhh....., dan ternyata benar saat pertama kali duduk saya sudah merasakan ”berat” dalam penglihatan saya, film ini banyak menyuguhkan seni seni art performance yang sangat susah dicerna oleh saya yang notabene sangat buta seni.

 
Ada manusia yang melangkah bak serigala, lalu memanjat tiang2 bambu, ada nadine chandrawinata yang tiba2 sakaw lalu ditolong oleh beberapa pemuda yang ternyata sakaw juga, memang saya juga heran mengapa mereka harus melakukan itu, mungkin itu adalah seni, terlihat pula bunda ifet yang berdiri didepan sekumpulan tanda baca yang dipakai oleh penyandang cacat tuna wicara, sembari menunjukan jari jemari yang mengisyaratkan kata ”hilang” mengapa hilang saya juga tidak tahu, lalu beberapa pantomim mempertontonkan beberapa adegan pantomim yang lucu, pemain pantomim bahkan sangat familiar karena pernah saya tonton di sketsa trans tv, beberapa anggota slank menari tak tentu arah sambil membuka resleting celananya lalu menyemprotkan sesuatu dari dalam tubuh mereka. Seperti cairan yang begitu besar tenaganya hingga orang lain terpental jatuh ketanah.

Satu hal yang saya dapat dari film ini adalah saya baru tahu kalau didada kaka terdapat tatoo bertuliskan ska, dan saya sudah tahu kalau kaka slank adalah juara nomor satu dalam hal ”Six Pack”.
Kalau saya boleh menyebut atau mengartikan, film ini bagaikan lukisan yang disatukan dalam satu media dimana tiap gambar merupakan simbol tiap gambar merupakan makna yang tersirat dari lagu2 slank, malah kalau saya yang awam seni ini mengartikan kalau ini adalah penggambaran bagaimana slank dapat menggerakkan seluruh pemuda indonesia untuk berhenti dari narkoba karena ada sebagian adegan yang menampilkan bagaimana seorang pemuda itu berhenti dari kecanduannya karena surat yang ditulis oleh slank untuk para slankers agar meninggalkan barang haram tersebut, bahkan terselip kata jihad dalam surat tersebut, bahkan saya tertawa ketika ada slankers dari kota dili berteriak ”viruuuuusss slengker” saya langsung terkejut dan tertawa.

Sepanjang film jujur saya Cuma bisa geleng2 kepala nggak ngerti maksud film ini, begitu juga sama seperti penonton yang lain yang cuma bisa bilang ”apaan sih maksudnya?”, atau ”apaaa seeeech?”, beda sekali ketika saya menonton film jagad kali code yang ringan dan lucu karena bergenre komedi, namun saya terhibur kok nonton film ini, seenggak-enggaknya saya nggak tidur selama pertunjukan berlangsung.

Yess...akhirnya gue bisa posting make kata saya, bukan gue lagi.

11 comments:

  1. mungkin karena kebanyakan hari2 loe di mall kali..
    wah gw belum nonton tuh Film.. belum masuk sini soalnya..

    ReplyDelete
  2. he he he makasih komennya... mendingan lah daripada komen di shoutbox gw itu nyebelin!!! btw film generasi biru secara kseluruhan mnurut loe bguz gak?

    ReplyDelete
  3. @ adhi : hehehe...iya juga ya

    @vilda : secara keseluruhan film ini saya sama sekali nggak ngerti, saya bingung mengapa saya tiba2 ada didalam bioskop

    ReplyDelete
  4. kenyoooo.....si cowok mall...hehhee

    mmm filmnya....kayaknya aneh yaa....
    bagi ella penggemar film horor dan action..jelas ketiduran di bioskop kalo nonton film itu...

    selamat yaa kenyo....atas keberhasilannya untk tidak tidur pas nonton dan berhasil posting pake kata "saya" hohohohohohoho

    ReplyDelete
  5. haduh. belum nonton saya. Tapi kok filmnya kayak gitu sih? terkesan aneh. denger2 di Jerman, ni film dapet sambutan hangat. hmm.. kenapa begitu ya??

    ReplyDelete
  6. ipank the worekshop31 March, 2009 22:58

    gua punya tmen dya cwe dya pengen nonton plem itu. msalah yah dya dah cinta mati ma slank. kapan d tayang di tv.....? temen gwa lagi sakit hati karna cwo yah janji doang .dia slankisr sukatani. kalo gua zy dh nonton, pilem zy ga sberapa walau pun gua ngrti tapi kaya nyah nentuh banet ke jiwa gua...! gua bukan nak slank tapi jiwa gua jiwa musik. wasalam....!

    ReplyDelete
  7. slanker's tu cinta damai, piss, bahkan wlwpun gx ada slank dstiap konser dilapangan yG luas pasti ada bendera slank. Tu karna mang slanker/y itu cinta damai. N ikut meramaikan. Ikut mendukung seni2 di indonesia.
    virus slank tu adlh slanker/y yG akan menjdi virus perdamaian dinegri ini..

    ReplyDelete
  8. slanker/y tu cinta damai.
    PLUR. Peace Love Unity Respect.
    Bahkan slanker/y sll mengibarkan bendera SLANK walau bkn slank yG hadir.tu krna Slanker/y cinta damai. Ikut meramaikan,n mendukung.

    Klo yG difilm generasi biru itu tentang Slank yG memerangi narkota, n Slank bakal menjadi virus perdamaian buat kita smua.

    ReplyDelete
  9. slanker/y tu cinta damai.
    PLUR. Peace Love Unity Respect.
    Bahkan slanker/y sll mengibarkan bendera SLANK walau bkn slank yG hadir.tu krna Slanker/y cinta damai. Ikut meramaikan,n mendukung.

    Klo yG difilm generasi biru itu tentang Slank yG memerangi narkota, n Slank bakal menjadi virus perdamaian buat kita smua.

    ReplyDelete
  10. slanker/y tu cinta damai.
    PLUR. Peace Love Unity Respect.
    Bahkan slanker/y sll mengibarkan bendera SLANK walau bkn slank yG hadir.tu krna Slanker/y cinta damai. Ikut meramaikan,n mendukung.

    Klo yG difilm generasi biru itu tentang Slank yG memerangi narkota, n Slank bakal menjadi virus perdamaian buat kita smua.

    ReplyDelete

Jangan Ragu untuk Berkomentar... Ayo kamu bisa....