29 April 2015

Bisnis Dadakan

Bener kata orang kalo bisnis itu dimulai dari ngomong ke orang2, start selling from your mouth, make a propaganda, kemaren sempet kaget, soalnya tiba2 ada yang callingan dari orang yang katanya baca blog gue about kerjaan freelance gue di bidang fotografi, lah padahal cuma iseng bikin postingan di blog gue yang gue disitu nawarin jasa foto prewedding murah harga temen, memberanikan diri nyoba nawarin jadi freelance fotografer, soalnya gue pernah dapet job ini sekali dari temen kantor gue, nah portfolio itulah yang gue jadiin acuan buat gue posting di blog, sukur2 ada yang kepincut sama portfolio gue itu… yasudah, eh tiba2 bener ada yang ngontak, dapet sms dari pelanggan gue langsung garuk2 kepala bingung bukan kepalang, gimana ga bingung??? Gw ga ada Kamera! Gimana ini??? Bisnis dadakan iniii, yaudah akhirnya gue kontak temen gue yang punya kamera dslr canon, gue sewa 100rb dia mau, kebetulan gue punya lensa fix dirumah, kalo digabungin kan pasti bakal jadi gambar yang cantik, chit-chat sana sini di wa sama si client, namanya krisna, dia minta foto preweddnya nuansa hijau2 gitu, oh yaudah gue tau lokasinya bakal dimana, gue kasih tau, dan kirain si krisna itu cowok, eh ga taunya cewek, ada nama panjangnya krisnaningtyas, walah selama ini gue panggil agan padahal hehehe…. Doi kerja di jawap*s, lah padahal disana kan banyak ya fotografer, kenapa ga hire mereka aja, gpp selera orang beda2 broh, rejeki emang ga kemana, hehheheee.

Kamera udah gue dapet dari temen gue itu, abis itu gimana selanjutnya? Gue test kabel data ke computer lah kok kaga connect ini gimana, akhirnya gue ke BCP buat beli card reader yang bagusan dikit, minimal yang diatas cepek lah, soalnya gue pernah trauma sama card reader abal yang udah pernah ngilangin data foto kamera gue tanpa tanggung jawab, mending beli yang mahalan dikit tapi aman, akhirnya gue dapetin card reader epraizer seharga 115rb dan foto pun bisa ditransfer dengan aman, ngomong2 soal kenapa gue prefer sewa daripada beli, yaelah dapet job moto aja jarang, mending nyewa aja, yang penting kan udah tau caranya bikin gambar bagus dari tu alat, daripada punya kamera tapi ngendon doang di lemari, kan percuma, fotografer professional juga mereka ga punya kamera bro, mereka lebih prefer sewa ketimbang punya, malah yang dipunya cuma kamera poket buat jalan2, kalo tuh fotografer ada job moto di bali, doi ga usah ribet2 bawa kamera diatas pesawat, ribettt….tinggal calling tempat penyewaan kamera dibali aja, turun bandara langsung ke tempat sewa kamera, praktis kan.

Sampe lokasi gue rencananya ketemu mereka, mereka yang bentar lagi mau nikahhhh…. Jajajajaaaa…. Sliwar sliwer komplek elit dibekasi ngecek lokasi apa masih kayak dulu, tamannya masih ada apa kaga?, alang2nya masih ada apa kaga? Jangan2 udah jadi lapangan golf lagi, kan gawat, kaga jadi moto dah gw… hehehe, tapi setelah gue cek masih ada, binggoooo…. ^^, dan setelah ketemu mereka akhirnya gue jeprat jepret mereka, kamera gue setting dibukaan 1.8 aja biar bokeh banget hasila, walau susah mokusinnya di bukaan segede itu, apalagi kalo ekspresinya ketawa, susah banget dapet titik focus di gigi dan mulut, ketar ketir takut miss focus, tapi gpp yang penting kata fotografer idola gue, banyakin ngeburst aja, nanti tinggal seleksi aja belakangan, yang penting banyakin stock photo, buang sampah di recycle bin ga bayar ini bro, pas tengah2 moto mereka berdua tiba2 ada satpam negor, mampus ketauan gue belom ijin diomelin dah gue, tapi tenang akhirnya masalah selese dengan selembar gocapan, anteng juga dia akhirnya, dan photo session pun berlanjut, yang gue pelajari dari foto prewedding adalah, tanpa diajari mereka berdua tuh sudah ngerti pose2nya bakal gimana, enak ga usah diarahin, tinggal gue yang ngeburst terussss banyakin stock photo.
Sesi foto taman udah selese sekarang lanjut pindah ke lokasi alang2 dan awan, keren euy foto gue disini, sampe2 gue ngga nyangka bisa hasilin gambar sebagus ini, kecup kamera….

Jam udah menunjukan jam 11 matahari udah ga ramah lagi, cahayanya keras dan udah ga bisa ditolerir lagi bayangannya disekitar wajah, akhirnya kita mampir ke pizza hut deket2 situ, ngobrol sana sini about kerjaan gue, udah berapa lama gue ngejalanin bisnis ini, hahaaa…. Gue jawabnya sotoy “Oh saya udah pernah kesana….saya juga pernah moto ini…..”, padahal mah pelanggan gue baru dua, heheee…. Gpp bisnis diakhiri dengan pertukaran file dan transfer honor gue, client seneng dan guepun seneng, murah yak…. Biarin gue mah ga ngambil untung dibisnis ini, gue Cuma mau bantu mereka, didoain pernikahannya langgeng sampe kaken ninen, dan guepun ketularan cepet nikah amiiinnnn, orang laen mah prewedd bayar 3jt-5jt, gue mah murahhh ga segede itu, hahahaaa….. tau ndiri gue pakenya gear apa, terus juga gue kelokasi naek motor, ga kaya fotografer tajir yang bawa mercy hehehe, yg nyewa bingung ko murah sih?, walopun murah hasil gambarnya ga murahan yang penting hehehe, dapet stock photo mereka aja gue udah bersyukur, itung2 nambah portfolio gue lah sebage fotografer, nanti kalo portfolio gue udah banyak, baru deh gue naikin harga semau gue hehehee…., yang paling sebel adalah, gue udah beli card reader mahal2 eh ga kepake, lha wong sd card gue ternyata bisa langsung colok ke laptop client, sebel kedua adalah, udah sewa kamera mahal2, eh client gue ternyata bawa kamera yang sama sama gue, tau gitu gue pake kamera dia aja dah, tapi gpp….masa gue pake kamera dia kan ga enak, hehehe….. dan guepun pulang kerumah menikmati stock photo hasil jepretan gue yang menurut gue bagus.



hasil foto gue bisa diliat disini :
http://canonku.blogspot.com/2015/04/prewedding-m-ayu-krisnaningtyas-gilang_26.html
http://canonku.blogspot.com/2015/04/prewedding-m-ayu-krisnaningtyas-gilang_41.html

1 comment:

  1. mantap.... klo mw poto liburan sekeluarga bisa dapat harga teman juga gag om? #ngarep.com

    ReplyDelete

Jangan Ragu untuk Berkomentar... Ayo kamu bisa....