Skip to main content

Pengalaman unik mengunjungi rumah duka

Kemarin saya pergi kerumah duka, ini pengalaman pertama saya pergi kerumah duka, karena teman kantor saya ayahnya meninggal dunia dan beragama budha, jadi prosesi kematiannya diadakan di rumah duka, kebetulan saya muslim jadi saya ya belum pernah punya pengalaman ini sebelumnya, exactly kita hidup dinegara yang multikultural, multi etnis dan masih banyak multi2nya hehe... jadi ya wajar aja kalo kita ketemu hal2 baru yang berbeda sama kebudayaan kita, bahkan teman saya itu agamanya nasrani tetapi ayahnya budha, waktu itu saya datang ke rumah duka jelambar, disana ada beberapa ruangan yang hanya bersekat kaca, tiap ruangan ada meja seperti meja makan panjang, dan satu ruangan lagi tempat jenazah disemayamkan, disana kita masuk dan mengisi buku tamu lalu duduk dan dimeja sudah disediakan beberapa makanan, seperti jeruk, roti, permen dan kacang kulit, disana ada bhiksu yang membaca doa-doa dan memukul kentongan serta menggoyangkan kerincingan yang saya juga tidak tau namanya, disana saya disambut teman saya dan menceritakan ayahnya yang meninggal itu, kemudian selang beberapa lama kami pun pulang kembali bekerja.

Comments