Skip to main content

Need and supply dalam hidup

Hidup itu bisnis, gue kerja pontang panting di perusahaan let say perusahaan makanan tapi ngurusinnya gambar-gambar sipil/mekanik, gue dibayar untuk hal itu sama bos gue, nah bos gue punya bos lagi, bos lagi punya bos lagi sampe ke tingkat ceo atau yang punya, founder atau pendiri, let say pendiri ini si mr.x, mah mr.x ini itu pengusaha kerjaannya dulu dia marketing, dia jualan kue ke beberapa pasar di indonesia, awalnya dia cuma marketing, tapi lama kelamaan si mr.x ini berpikir, kenapa ngga gue beli mesin pembuat kue sendiri ya dan gue produce roti sendiri, akhirnya si mr.x bikin pabrik roti, terus perusahaan si mr.x ini gede lalu rekrut beberapa orang untuk bekerja di perusahaannya, rekrut orang hrd, rekrut orang produksi, rekrut orang engineering, rekrut orang marketing juga, dan rekrut orang dari berbagai macam ilmu, so dari kekompleksan lu dalam bekerja, intinya malah perusahaan cuma punya niat satu yaitu selling dan untung, ga peduli lo susah payah mikirin ini itu sampe kuliah tinggi2 dan lo dibayar buat lakuin kerjaan yang dibutuhin mereka stabil dan tetep profit, itu intinya.

Sampe kadang lo berpikir, ngapain ya gue capek2 kuliah di fakultas teknik kalo ujung2nya jadi kacungnya orang marketing, ya emang gitu kenyataannya, dimana ada need/demand disitu ada penjualan (selling), lo juga kerja itu kan jualan, jualan jasa, lo kerja dibayar dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore misalkan itu juga kan atas akad kedua belah pihak, perusahaan butuh lo, lo juga butuh uang dari hasil gaji lo kan? Nah itu aja udah selling ya kan.

Kenapa ga jadi pengusaha aja? Ya itu balik lagi ke mental, lo berani ga bangkrut, lo berani ga gagal, atau lo kenal ga sama orang-orang besar? Pergaulan lo ada di tingkat yang mana? sama punya strategi ngga buat bersaing?, produk lo unik ngga? terus juga emang jadi pengusaha itu butuh perjuangan dari nol? ngga juga... kadang2 malah ada juga yang jadi pengusaha karena anugerah misal dia anak dari konglomerat dan si konglomerat mewarisi perusahaannya kepada anaknya atau saudaranya, jadi ya lo harus ngaca dulu juga, circle lo dimana? Lo anak siapa? lo jenius ga buat bikin produk yang disukai orang2, atau lo pinter ga buat berkreasi, kayak sekarang lagi jaman orang bikin aplikasi android buat ngehubungin antara need (permintaan) dan supply (penawaran), kayak gojek yang bisa ngehubungin orang yang butuh kendaraan sama orang yang butuh penyewa kendaraan (gojek driver), dan go food aplikasi yang bisa nyatuin need and supply juga, kalo lo mager butuh makanan eh tiba2 dianterin sama tukang ojek, paling jadulnya adalah toko, lo misal buka toko dijalan gede biar laku karena yang lewat bisa liat toko lo dan mereka bisa beli, jadi jalan adalah media komunikasi dalam berbisnis, nah sedangkan sekarang media komunikasi kita sekarang itu kan gadget, jadi ya gadget lah yang sekarang yang menjadi jalan buat seseorang beli produk lo.

Need and supply ini juga sama dalam hal lope lope (percintaan), misal ada cewek yang butuh nikah cepet sama siapa aja, tapi lo ga sanggup lamar karena belum siap, ya siap2 aja ditinggalin, karena lo ngga sesuai sama spek yang dia minta, misal lagi ada cewek yang kehidupannya glamour dia kesana kemari naek grabcar, mukanya perawatan sampe kinclong, paling anti kena sinar matahari (UV), tiap minggu doyan makan enak di resto mahal, ke spa juga rutin, dan tiap bulan butuh baju yang baru, nah lo tiba2 dateng pake vario ama sendal jepit sok2an ngajak makan dan nonton, lah jangan kaget kalo tiba2 dia pulang bukan sama lo pas abis ngedate, melainkan sama pacarnya yang laen yang bisa memenuhi kebutuhan dia akan mobil, jadilah dia pacaran sama sopir grabcar, hehe he..... hidup kadang emang serendah itu, makanya hati-hati dalam memilih mana yang cocok buat lo atau mana yang kastanya selevel sama lo apa ngga.

Yang cantik akan cepet laku dan yang jelek ya akan lama lakunya, kita ga bisa lari dari kenyataan fisik lahiriah, contoh misal akhir2 ini kan gue sering dikenalin sama nyokap gue sama cewek yang udah berumur tapi belom nikah, rata-rata ya problemnya ya sama, mereka kurang pandai menarik lawan jenis, misal dengan mempercantik diri atau merawat wajah agar lebih menarik kaum adam, trus kalo gue nulis kaya gini cewek2 pada ngehujat gue "brengsek lu!", "kurang ajar lu ye!", lah gue mah bicara fakta aja kalo cewe cantik mah udah jadi rebutan dari dulu, dan mereka biasanya udah nikah muda gara2 lawan jenis udah ngebet banget pengen ngawinin (naikin) dia, kalo cantik mah ga usah dikenalin juga udah banyak yang ngegodain... si cantik jalan sebentar ke mall aja atau nyiram bunga didepan rumah aja udah ada yang "ngetepin" kalo bahasa betawi nya bilang, tapi kalo penampilan si perempuan kurang menarik ya cowok2 yang lewat biasanya ya udah pada melengos aja gitu sambil bilang "itu tadi apaan ya?" hehe.

Tapi semua balik lagi kepada tuhan yang maha esa, lu mau kerja keras bagai kuda kalo udah kere ya tetep kere aja, jangan kerja keras tapi kerja cerdas, kalo lo cowok kembangin wawasan... banyak baca, banyakin ilmu, tingkatin sertifikat pendidikan lo, niscaya lo bisa jadi orang yang sukses, kalo lo cewek ya musti pinter2 ngerawat diri lah biar cakepan dikit kalo mau laku, tapi semuanya balik lagi ke tuhan lagi sih soal jodoh dan rezeki.










Comments