Skip to main content

Membedah keuntungan bisnis ayam Richeese



Waktu itu sabtu malam saya menyambangi richeese yang ada didekat rumah saya, saya memang suka makan richese, itu loh ayam goreng dengan topping saus pedas di beberapa level, ditambah saus keju meleleh yang nikmat banget untuk dimakan.

Waktu itu saya pesan 4pcs chicken fire wings dan nasi, kemudian saya mendapatkan nomor antrian, saya lihat nomor antrian saya adalah 433 kemudian saya berpikir, wow saya adalah orang ke 433 yang membeli richese di gerai ini, ok mari kita hitung berapa keuntungan richeese perharinya, kalau misalkan richese saja bisa menjual 450 paket ayam seharga 40rb dalam sehari maka....

keuntungan perhari :

450 x 40.000 = 18.000.000 (delapan belas juta) per hari nya

let say margin keuntungan dari makanan itu 50% ya dari 18jt

berarti sehari richese mengantongi keuntungan 9jt / hari

itu baru sehari loh guys

misal jumlah karyawan ada 15 orang

1 orang manager, 4 orang koki masak, 3 orang kasir, 2 orang cleaning service, dan 5 orang security yah cukup lah kalo km punya untung 9jt perhari untuk menggaji 15 orang perharinya

misal keuntungan setelah dipotong gaji karyawan total misal 4jt bayar karyawan seharinya

jadi keuntungan perhari adalah 5jt / hari

keuntungan per bulan :

5jt x 30 = 150jt/bln

keuntungan per tahun :

150jt x 12 = 1,8M / tahun

1,8M itu belum dipotong pajak untuk negara, sewa lahan, bayar listrik, bayar pam, bayar internet, dan bayar yang lain-lain seperti arsitek, design interior dan ahli teknik lainnya.

Jadi total keuntungan Richesee kalo dihitung kasar seperti tadi mungkin bisa mencapai 1,5M lah setahun. kalo mereka bisa menjual 450 paket dalam seharinya. bisa aja kurang bisa aja lebih. yah 1M sampai 1,5M lah pertahunnya.

gimana guys.... yaaahhh itulah buah kreatifitas manusia untuk mendapatkan uang. kalo kamu gimana? masih bertahan di 200rb /hari ya? hehe....

oh iya silahkan loh yang mau itung2 di kolom komentar kalo menurut anda hitungan saya salah hehe... dan sepertinya makanan pedas itu timeless ya kalo dijual di indonesia, contoh aja nasi padang, bakso dan mie ayam semuanya punya line up pedas.

Comments