Skip to main content

Pendiri indomie didepak lalu ciptakan mie Gaga

Pencipta mie indomie itu bernama djajadi djaja.....ia sebenarnya adalah orang yang menemukan produk indomie namun setelah kesuksesan itu dia didepak dari indomie. 

Banyak yang belum tahu kalo indomie itu bukanlah produk asli buatan salim group, awal mulanya indomie diprakarsai oleh 4 orang china asal medan, mereka berempat mendirikan perusahaan mie instan bernama sanmaru food manufacturing, keempat orang itu bernama djajadi djaja chow ming hua, wahyu tjuandi, ulong senjaya, dan pandi kusuma.

Djajadi djaja bersama teman2nya itu memperkenalkan produk indomie ke publik pada tahun 1972 dan indomie adalah produk kedua setelah supermi. Indomie di eksor juga ke brunei, malaysia, singapura, eropa, australia dan amerika serikat.

Pada tahun 1982 kerajaan bisnis salim grup juga punya brand mie instan bernama sarimi, salim group menguasai produk tepung terigu bernama bogasari, karena kekuasaannya dibidang tepung terigu salim group ingin juga membeli brand indomie agar menjadi miliknya. 

Salim group mengajak djajadi djaja untuk membuat perusahaan patungan bersama, akhirnya pada tahun 1984 mereka membentuk perusahaan bernama PT Indofood interna corporation. Djajadi djaja menguasai 57,5% saham sedangkan salim group 42,5%, beberapa tahun kemudian saham PT indofood interna dikuasai sepenuhnya oleh salim group.

Setelah itu djajadi djaja meninggalkan produk indomie yang sudah dikuasai oleh PT Salim group, kemudian ia mendirikan PT Jakarana tama yang mengeluarkan produk mie instan merk Gaga.


Comments