13 August 2006

Story About my searching job

haaaaaiiii ketemu gue lagi niy, wah suenangnya gue dipanggil ke tanah abang buat panggilan kerja, critanay giniy, gw kan ngelamar di kompas, dibutuhkan civil engineering kirim ke PO.BOX bla...bla...sekian...sekian..., nah gue kirim da tuh, eh nyangkut juga, telepon berdering, "kriiiing....kriiiing.....kring.....",
gw : "halloooo...."(dag...dig...dug...)
bapa2 : "mmm... benar ini suryo widiyanto"
gw : "yaa... benar, seratus untuk anda"
bapa2 : "kemarin anda mengirimkan surat lamaran kesini ya?"
gw : "seratus lagi buat anda, emang ada apa pak?"
bapa2 : "begini, harap anda datang kekantor kami besok kamis jam 9pagi di tanah abang jalan jatibaru raya no 56A,ok"
gw : "ok, nama perusahaanya apa ya pak?"
bapa2 : "Grup Kathulistiwa, ditunggu ya"
gw : "siiip lah"

abis itu gue langsung survey kesono, wuuuuah gampang banget nyarinya di prapatan jalan udah ketemu, ya udah besoknya gue dites2, kaya2nya itu perusahaan telekomunikasi yang ngebangun menara BTS deh, pas gw dites ini ni soalna :

1. jika 10m kabel dan 35 buah saklar harganya Rp 250rb
dan 23m kabel dan 21 buah saklar harganya Rp 150rb
berapakah harga 1m kabel dan satu buah saklar?

2. apa yang harus dilakukan untuk merawat menara BTS?

soalnya ada lima tapi 2 udah cukup kali ya, bila anda bisa menjawabnya kirimkan ke alamat di bawah ini ni heeee...heee....heee.....

udah ah see you soon baby

08 August 2006

data2 proyek underpass pondok indah

BAB III
GAMBARAN UMUM PROYEK

3.1 Sejarah Proyek
Pada tahun 1997 pihak Metropolitan Kentjana merencanakan akan membangun dua pusat perbelanjaan yang bernama Pondok Indah Mall 1 dan pondok Indah Mall 2, kemudian untuk membuat sebuah proyek ini pihak Pemda DKI mensyaratkan untuk membangun Underpass di dekat persimpangan Jl.Metro Duta Niaga agar meminimalisir dampak kemacetan, Proyek dilaksanakan mulai pada tahun 1997 tetapi terhenti karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia, proyek ini terhenti hingga tahap pengecoran bored-pile sedangkan Pondok Indah Mall 1 sudah selesai dibuat, maka pada tahun 2004 pihak Metropolitan Kentjana melanjutkan kembali proyek yang terhenti tersebut dengan membangun Pondok Indah Mall 2 dan Underpass pondok Indah.

3.2 Data Umum

3.2.1 Lokasi Proyek
Pembangunan Underpass Pondok Indah ini menghubungkan Jl. Sultan Iskandar Muda dan Jl. Metro Pondok Indah. Dimana kedua jalan tersebut merupakan jalan penghubung pinggiran kota jakarta dengan pusat kota, yang selalu padat pada pagi dan siang harinya.
Kondisi lalu lintas di sekitar proyek sangatlah padat tiap harinya terutama pada persimpangan Pondok Indah Mall yang saat ini sedang dilaksanakan pembangunan underpass. Hal ini dikarenakan selain menjadi pusat bisnis, lokasi proyek juga merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan bagi banyak warga Jabotabek. Selain itu jalan pondok indah ini merupakan akses bagi warga yang tinggal di wilayah pinggiran Jakarta untuk mencapai pusat kota.

3.2.2 Batas Wilayah Studi
Penentuan batas wilayah studi dilakukan dengan pertimbangan – pertimbangan yang sesuai dengan rencana kegiatan Pembangunan Underpass Pondok Indah meliputi batas proyek, batas ekologis, dan batas administrasi.
3.2.3 Batas Proyek
Sebelah Utara : Jl. Sultan Iskandar Muda.
Sebelah Timur : Jl. Margaguna, Mal Pondok Indah I, Masjid Raya Pondok Indah, dan Kawasan Niaga.
Sebelah Selatan : Jl. Metro Pondok Indah.
Sebelah Barat : Jl. Kartika Utama, Mal Pondok Indah II, Wisma Pondok Indah, Pemukiman Penduduk.

3.2.4 Batas Ekologis
Proyek pembangunan Underpass Pondok Indah ini akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan diperkirakan berupa bertambahnya arus lalu lintas dan menimbulkan kemacetan akibat penyempitan badan jalan.Batas ekologi ini merupakan kondisi alam yang berada di sekitar kegiatan konstruksi, batas ini berupa daerah aliran sungai, jalan raya maupun ekosistem dari suatu kegiatan yang saling berhubungan dengan kegiatan yaitu ekosistem pemukiman didaerah Pondok Indah.

3.2.5 Batas Sosial
Batas sosial berada pada masyarakat sekitar lokasi kegiatan proyek, tepatnya disekitar pemukiman terdekat dengan lokasi proyek. Dimana masyarakat yang berada pada daerah pemukiman ini sebagian besar merupakan masyarakat menengah keatas.

3.3 Data Umum Proyek

1. Nama Proyek : Pembangunan Underpass Pondok Indah
2. Pemilik Proyek : PT. METROPOLITAN KENCANA
3. Konsultan Pengawas : PT. PERENCANA JAYA
4. Konsultan Perencana : PT. PERENCANA JAYA
5. Kontraktor : PT. JAYA KONSTRUKSI M. P.
6. Sub Kontraktor : - PT. JAYAMIX. ( Produksi Beton )
- PT. TALENTA. ( Galian dan Angkutan Tanah )
- PROKLA ( Precast Saluran )
- RUSA DAHADA ( Straighting )
7. Konsultan Biaya : PT. DAVIS LANGDON & SEAH INDONESIA
8. Kontrak
- Nilai Kontrak : Rp. 19,253,057,025.00
( Tanpa PPN 10% )
- Tanggal Kontrak : 19 Oktober 2004
- Nomor Kontrak : 065 / PIM2 / X / 2004

9. Waktu Pelaksanaan
- Mulai : 19 Oktober 2004
- Selesai : 01 Juni 2005
10. Waktu Pemeliharaan
- Mulai : 01 Juni 2005
- Selesai : 01 Juni 2006
11. Jenis Pekerjaan : Underpass
12. Lokasi Proyek
- Propinsi : DKI Jakarta
- Kotamadya : Jakarta Selatan
- Alamat : Jl. Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah
13. Kuantitas Pekerjaan
- Deskripsi Proyek : Pembuatan Underpass
- Luas Bangunan : 8000 m2
- Fungsi : Peningkatan Kelancaran Lalu Lintas dan Menghilangkan titik pertemuan pada persimpangan dari / menuju arah Pondok Indah Mall.
3.4 Data Teknis Proyek
Data proyek Underpass Pondok Indah adalah sebagai berikut :
1. Nama Proyek : Pembangunan Underpass Pondok Indah.
2. Panjang Total : 411 m
3. Ramp Utara :
a. Panjang : 175 m
b. Lebar : 16.4 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median.
c. Kelandaian : 5 %
d. Struktur Dinding : - Bored Pile existing ø 800
- Dinding Cover Bored Pile t = 25 cm. K – 350
( fc’= 29 Mpa )
- Panel Cover Precast / GRC
- Retaining wall. K-350 ( fc’ = 29 Mpa )
e. Bottom Slab : Beton Bertulang K – 300 ( fc’ = 29 Mpa )
f. Finishing slab Bawah: Hotmix AC tebal 10 cm

4. Terowongan ( Box Tunel )
a. Panjang : 70 m
b. Lebar : 17,5 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median
c. Kelandaian : 0,47 %
d. Clearance : 4,6 m
e. Bentuk Konstruksi : Box Tunel dengan tiang BP ø 60 cm pada median.
f. Struktur Pondasi : Bored Pile ø 88 cm ( secant pile )
g. Struktur Pondasi : Bored Pile ø 88 cm dengan penutup panel precast
h. Struktur Top Slab : Beton Bertulang K-350 ( fc’ = 29 Mpa )
I. Struktur Bottom Slab: Beton Bertulang K-300 ( fc’ = 29 Mpa )
J. Finishing Slab : Hotmix AC tebal 10 cm

5. Ramp Selatan
a. Panjang : 166 m
b. Lebar : 17,5 m ( 4 lajur – 2 arah ) dengan median
c. Kelandaian : 5%
d. Stuktur Dinding : - Bored Pile Secant Pile ø 88 cm
- Pondasi Cover Precast / GRC
- Retaining Wall K-350 ( fc’ = 29 )
e. Bottom Slab : Beton Bertulang K-300 ( fc’ = 29 )
f. Finishing Slab : Hotmix AC tebal 10 cm

6. Sumpit : - Fungsi sebagai bak penampung air hujan
- Kapasitas + 1000 m3
- Dimensi : 17 m x 3,3 m x 20m
- Konstruksi : Beton Bertulang
- Sistem 1 ( satu ) blok
- Metode pengurasan menggunakan Submersible Pumps terdiri dari :
4 unit pompa utama kapasitas 125 ltr/detik
2 unit pompa utama kapasitas 25 ltr/detik
- lokasi terdapat dibawah muka jalan / lantai kendaraan

7. Rumah Genset : - Fungsinya untuk Rumah Jaga, Dudukan Genset dan Dudukan Panel – panel
- Konstruksi Beton bertulang
- Lokasi / Posisi di daerah pulau sisi timur persimpangan
- Sumber Daya Listrik : - PLN
- Genset 150 KVA
3.5 Ruang Lingkup Pekerjaan Proyek Underpass Pondok Indah
Proyek Pembangunan Underpass Pondok Indah Meliputi :
Ø Pekerjaan Pengukuran
Ø Pekerjaan pemasangan bored pile.
Ø Pekerjaan caping beam.
Ø Pekerjaan tanah.
Ø Pekerjaan retaining wall.
Ø Pekerjaan drainase : sub drain (Geotekstil).
Ø Rigit pavement + flexible.
Ø Cover Wall.
Ø Pembuatan rumah pompa dan pemasangan pompa.
Ø Pekerjaan instalasi listrik dan penerangan jalan umum.
Ø Pekerjaan pot bunga.

3.5.1 Pekerjaan Pengukuran
Pekerjaan pengukuran adalah pekerjaan untuk menentukan posisi letak bangunan underpass sesuai dengan desain baik center line underpass maupun stack out dari detour – detour yang akan dibuat.


3.5.2 Pekerjaan Bored Pile
Pekerjaan Bored pile ini hanya pada ramp bagian selatan, dimana pekerjaan bored pile yang lainnya telah dilaksanakan pada tahun 1997. Pekerjaan Bored pile ini menggunakan Beton K – 350.

3.5.3 Pekerjaan Caping Beam
Pekerjaan ini adalah pekerjaan memotong kepala bored pile, selain itu pekerjaan ini bertujuan agar mempermudah dalam pelaksanaan pekerjaan lainnya.

3.5.4 Pekerjaan Tanah
Untuk pekerjaan tanah ini terdiri dari pekerjaan penggalian tanah, timbunan dan pengangkutan tanah. Penggalian dibuat sedemikian rupa sehingga pada saat hujan air tidak menggenang di tempat galian, sehingga aktivitas penggalian tidak terganggu. Pengamanan ini bisa digunakan pompa dan drainase sehingga pembuangan air lancar. Pada pekerjaan ini alat berat banyak digunakan diantaranya excavator, Bulldozer, Dup Truck dll.

3.5.5 Pekerjaan Retaining Wall
Retaining wall ini dimaksudakan sebagai pengganti bored pile pada bagian awal underpass. Selain itu juga bored pile bertujuan sebagai penahan tanah dan lalu lintas.
3.5.6 Pekerjaan Drainase Sub – drain ( geotextile )
Pekerjaan drainase ini menggunakan beton precast, untuk alairan air hujan yang jatuh di jalan underpass akan dibuang ke sumpit. Dikarenakan muka air tanah di proyek Underpass Pondok Indah ini berada pada kedalaman yang tidak terlalu dalam maka perlu dipasang serat geotextile agar air tanah tidak naik ke permukaan tanah.

3.5.7 Rigid Pavement + Flexible
Perkerasan jalan menggunakan perkerasan kaku ( Rigid Pavement ) dengan menggunakan beton K - 350, dan kemudian dilapisi aspal untuk kenyamanan berkendara.

3.5.8 Cover Wall
Cover wall adalah pekerjaan yang bertujuan untuk menutup existing bore pile yang dipasang sepanjang jalan dan underpass. Diharapkan dengan dibuatnya retaining wall ini tidak terjadi longsor pada jalan diatasnya karena lalu lintas kendaraan yang terjadi. Pekerjaan ini terdiri dari pekerjaan perakitan besi tulangan, fabrikasi bekisting, dan pekerjaan pengecoran.



3.5.9 Pembuatan Rumah Pompa dan Pemasangan Pompa
Rumah pompa ini diletakkan pada salah satu pulau jalan yang berada di persimpangan jalan menuju jalan margaguna. Rumah pompa ini digunakan untuk memompa air hujan yang berada di ruang sumpit.

3.5.10 Pekerjaan Instalasi Listrik dan Penerangan Jalan Umum.
Pekerjaan instalasi listrik ini dimaksudkan untuk pengoperasian rumah pompa dan penerangan bagi jalan underpass.

3.5.11 Pekerjaan Pot Bunga
Pekerjaan pot bunga ini adalah pekerjaan tambahan bagi penghijauan underpass. Departemen Pekerjaan Umum mensyaratkan adanya pot bunga sebagai langkah penghijauan dari jalur underpass.

Metode Pekerjaan Sumpit

12. METODE KERJA PEKERJAAN SUMPIT
1. PROSEDUR PELAKSANAAN
1.1 PERSIAPAN
Sebelum memulai pekerjaan sumpit, semua bagian yang terlibat harus terlebih dahulu memahami bahwa semua kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan sumpit harus di dasarkan pada :
a. Spesifikasi.
b. Gambar desain dengan status “ For Construction “.
c. Risalah Lelang.
d. Shop Drawing.

1.1.1 Penyiapan shop drawing
Untuk mempermudah pelaksanaan di lapangan, maka harus dibuat gambar yang detail dan lengkap, gambar tersebut disebut gambar pelaksanaan atau shop drawing. Gambar pelaksanaan harus menggambarkan :
a. Gambar denah, menggambarkan posisi sumpit terhadap sumbu Underpass/Ramp lengkap dengan ukuran sumpit.
b. Gambar potongan sumpit harus menginformasikan ukuran, elevasi dan mutu beton yang dipakai yaitu K-350.
c. Gambar pembesian sumpit harus menginformasikan jenis, jumlah dan diameter besi serta jarak besi baik besi uatma maupun besi sengkang.
Semua gambar pelaksanaan harus mengacu pada gambar desain dengan status “ For Construction “, Spesfikasi dan Risalah Lelang. Gambar tersebut harus sudah di setujui pemberi tugas, sebelum di edarkan ke lapangan serta gambar yang beredar merupakan gambar dengan revisi terakhir.

1.1.2 Mempersiapkan bahan, tenaga kerja dan alat
A. Mempersiapkan bahan
Material yang akan di gunakan harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pemberi tugas. Jenis material yang perlu mendapatkan persetujuan adalah sebagai berikut :
v Besi Beton.
v Campuran Beton melalui Trial Mix Design.
v Pasir urugan.


B. Mempersiapkan peralatan yang dipakai

Peralatan yang dipakai untuk mengerjakan pekerjaan sumpit antara lain :
v Perlengkapan bekisting.
v Bar cutter dan Bar bender (pembesian).
v Concrete vibrator.
v Bucket cor.
v Truck mixer
v Concrete Pump.
v Excavator.
v Dump truck.
v Scaffolding.


1.2 PELAKSANAAN

1.2.1 Galian Tanah
Galian tanah pada slab bawah di tambah 10 cm untuk lantai kerja ( lean concrete ). Setelah di laksanakan penggalian sedalam 10 cm, di lakukan survey stock out pada lokasi pekerjaan sumpit. Selanjutnya, lean concrete dapat di tuang untuk menjadi lantai kerja setebal 10 cm.


1.2.2 Besi Beton
Pekerjaan pembesian untuk sumpit terdiri dari dua bagian yaitu untuk :
1. Pembesian pelat lantai dasar.
2. Pembesian dinding sumpit.
3. Pembesian top slab (dilakukan setelah pengecoran dinding sumpit).


A. Fabrikasi Besi Beton
Fabrikasi di laksanakan dengan mempehatikan hal – hal sebagai berikut :
v Jenis besi utama dan besi pembagi.
v Diameter besi utama dan besi pembagi.
v Jumlah pembesian utama.
v Jarak besi pembagi.
v Overlap / panjang penyaluran antar besi beton harus sesuai spesifikasi.

B. Penyetelan Besi Beton
Penyetelan pembesian pada struktur bangunan harus sesuai dengan gambar kerja yang telah di setujui,. Penyetelan ini harusmemperhatikan hal – hal sebagai berikut :
a. Jenis dan jumlah besi beton.
b. Jarak tulangan sesuai gambar pelaksanaan.
c. Panjang penyaluran dan pengangkutan harus seuai dengan persyaratan.
d. Pemberhentian besi beton harus benar.
e. Ikatan antar besi beton harus kuat.
f. Jarak antar lapisan besi beton harus benardan kuat (tidak melendut).
g. Beton decking terbentuk dengan benar.



1.2.3 Bekisting
Pemasangan bekisting untuk sumpit terdiri dari dua bagian pokok, yaitu :
1. Bekisting plat lantai dasar
2. Bekisting dinding sumpit; dilakukan setelah pengecoran bottom slab.
A. Fabrikasi bekisting

Prinsip fabrikasi bekisting adalah :
a. kokoh (kuat)
b. berat bekisting harus di bawah kemampuan alat pengngkut
c. ketelitian (presisi) ukuran (siku, lurus, dimensi tepat)
d. mudah untuk penyetelan dan pembongkaran
B. Stel bekisting

Penyetelan bekisting untuk struktur horizontal (alas) dilakukan setelah pembesian dilaksanakan. Pada penyetelan bekisting harus dilakukan pengecekan terhadap : dimensi, ketegakan, ketinggian/elevasi, kerataan dan kekuatan penyangganya.

1.2.4 Pengecoran
Pengecoran untuk pekerjaan retaining wall terdiri dari dua bagian pokok, yaitu :
1. Pengecoran pelat lantai dasar.
2. Pengecoran dinding sumpit; dilakukan setelah penyetelan bekisting dinding sumpit.
Sebelum dilakukan pengecoran, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan terakhir (check list) terhadap pembesian dan pemasangan bekisting.

A. Penuangan beton

Untuk mendapatkan hasil beton yang baik maka cara penuangan harus benar yaitu :
a. Pengecoran harus kontinyu sejak pengecoran dimulai sampai mencapai siar pelaksanaan (sambungan) yang ditetapkan.
b. Beton harus dituang vertikal dan sedekat mungkin dengan bagian yang dicor. Jika diperlukan meratakan beton, harus dilakukan dengan sekop dan bukan membuat beton mengalir.
c. Beton tidak boleh dituangkan ke dalam bekisting dengan jarak yang tinggi (maksimum 2 m) karena akan mengakibatkan segregasi. Apabila tinggi lebih dari 2 m, maka harus memakai talang/corong/tremi.
d. Pengecoran harus dimulai dari sudut-sudut bekisting dan dari level terendah jika permukaannya miring.
e. Beton harus dituang pada tumpkan beton sebelumnya (overlapping) dan bukan jauh darinya.
f. Beton harus dicorkan dalam lapisan-lapisan datar, dan tiap lapisan harus dipadatkan sebelum lapisan dibawahnya mengeras. Untuk pengecoran dinding yang panjang sekali, dimana cara lapisan-lapisan horizontal akan menyebabkan terjadinya sambungan dingin (cold joint) pada beton, pengecoran harus dilakukan dengan ketinggian penuh yang akan membuat kemiringan pada permukaan beton.
g. Beton tidak boleh dicorkan pada saat hujan lebat tanpa penutup diatasnya, karena air hujan akan menurunkn mutu beton.



B. Pemadatan

Disamping cara penuangan yang benar, cara pemadatan yang benar juga merupakan faktor penting guna mencapai tujuan pembetonan. Cara pemadatan dengan vibrator yang benar yaitu :
a. Besarnya kepala vibrator harus disesuaikan dengan jenis struktur beton yang akan dicor dan jarak antar tulangan terkecil.
b. Vibrator harus dapat dimasukkan kedalam jaringan/anyaman besi beton dan harus diusahakan tidak menempel vibrator pada besi. Menggetarkan besi beton dapat mengakibatkan mutu beton menjadi jelek, dimana terjadi pengumpulan pasir disekitar besi, bahkan apabila besi digetarkan terus-menerus akan berakibat lebih kritis karena getaran ini merambat beton disampingnya yang sudah mulai mengeras, sehingga mengakibatkan retak atau terjadinya rongga antar besi dan beton. Rongga ini akan mengakibatkan bahaya korosi pada tulangan.
c. Tidak boleh meletakkan kepala vibrator terlalu lama dalam beton karena akan menyebebkan segregasi bleeding terutama untuk beton dengan slump tinggi. Lama penggetaran cukup antara 10 s/d 15 detik.
d. Kepala vibrator jangan terlalu dekat dengan bekisting karena apabila bekisting tergetar akan terbentuk lapisan pasir lepas dan juga dapat merusak bekisting. Jarak minimal kebikisting adalah10 cm.
e. Beton tidak boleh di getarkan berulang – ulang pada tempat yang sama, karena dapat mengakibatkan rongga – rongga udara di dalam betonnya.
f. Vibrator harus di masukkan ke dalam beton yang belum di padatkan secara tepat dan di angkat pelan – pelan. Kecepatan memasukkan vibrator di perlukan agar tidak sempat terjadi pemadatan awal pada beton lapisan atas sehingga menyulitkan lolosnya udara dan air yang terperangkap di bawahnya. Sedangkan pengangkatan harus dilakukan pelan-pelan untuk memberikan kesempatan vibrator menyalurkan secara penuh energi pemadatan pada beton. Kecepatan pengangkatan berkisar antara 4 s/d 8 cm/detik.
g. lapisan beton harus dicor secara rata sejak permulaan untuk memudahkan pengaturan sistem pemadatan dengan vibrator.
h. Untuk pengecoran struktur beton yang tinggi dan lebar, tiap lapisan beton yang paling efisien adalah 50 cm. Apabila tiap lapisan dibuat tebal akan menyulitkan udara dan ai yang terperangkap di lapisan bawahnya melepaskan diri keatas karena tekanan beton terlalu berat. Sebaliknya apabila terlalu tipis, tekanan beton tidak dapat mengimbangi pekerjaan vibrator.
i. Untuk menyambung lapisan bawah dengan lapisan diatasnya, vibrator harus dimasukan sebagian (kira-kira 10 s/d 15 cm) ke dalam lapisan dibawahnya agar tercipta lekatan yang monolik, paat dan menyatu.
j. Pada pengecoran plat beton yang tipis, vibrator boleh dimasukkan kedalam beton secara miring. Dalam hal ini vibrator akan menyentuh besi tulangan, tetapi harus diusahakan sedikit dan secepat mungkin.

1.2.5 Perawatan ( curing ) beton
Untuk menjaga agar proses hidrasi beton dapat berlansung dengan sempurna maka di perlukan curing untuk menjaga kelembabannya. Lamanya curing sekitar 7 hari berturut – turut mulai hari kedua setelah pengecoran. Curing dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain :
a. Menyemprotkan dengan lapisan khusus ( semacam Vaseline ) pada permukaan beton.
b. Membasahi secara terus menerus permukaan beton dengan air. Setelah proses curing, di lakukan pengurugan tanah kembali lapis demi lapis.
Jumat, 4 Agustus 2006 weird day

Hari jumat… ya benar, pasti lo semua, yang laki – laki tentunya, kalo hari jumat pada solat jumat kan? Biasanya lo lo pada tu solat di deket rumah, deket tempat makan siang, or deket sekolah ma kantor, nah hari ini gue beda, gue solat 16 tahun cahaya jauhnya dari rumah orang tua gue, yap rumah gue di bekasi tapi gue solat di masjid raya pondok indah, nahlo ada apa ada apa ada apa…. gerangan ? gara – gara si bocah gebleg tu alias hilmi, dia ngajak gue beli jaket aneh di PIM2, ya udah kita janjian di masjid raya pondok indah deh jadinya, gila yah gue masih aja main2 disono padahal gue udah lulus, ga gawe lo sur? Jleb rasanya nusuk banget keadaan itu, asal lo tau aja ya didepan masjid ini tuh ada proyeknya dedi, dia disono gawe jadi quality control, gimana coba kalo gue ketemuan aja gitu disini, tengsin abis la gue, ’’lah emang ngapa yo, ngapain takut ketemu dia?’’biji lo ngga takut? La lo enak mi, walopun nganggur lo masi tetep ngelanjutin kuliah, la gue mampus aja, enak kan mi solat disini? Ada acnya di bawah, si hilmi aneh banget watu itu masa dia satu2nya orang yang pake sarung di masjid itu, yang laen si ada satu dua tapi kaga norak kaya dia, masa sarung di mix sama kaos skaters, ya ngga cocok lah, sarung tuh cocoknya ma sorban, peci, baju koko n baju cici heee....heee...., mi...? mi....? miiiii.....? lo denger nggak sih? Sambil kaget trus nengok sambil pake jurus kungfu dia jawab ’’iiii....iiiiya enak...enak...tapi adem banget yo! gue pindah ya yo?” sambil menggigil hilmi mengatakannya, dengan rasa kasihan gue mempersilahkan untuk dirujuk di rumah sakit pondok indah, looooh.... ya enggak lah dia cuma pindah beberapa meter dari gue, ngehindarin ac yang super gede dan super dingin itu, kira2 lima menit gue nunggu ustadz naik mimbar, dari tadi gue liatin LCDnya cuma ada gambar mic doang, ustadznya ga nongol2, iya benar ada LCDnya di masjid itu “it was a cool mosque man, hi-tech system built in our room man” soalnya tu masjid ada dua ruangan, ruangan utama ada diatas, dan ruangan yang gue tempatin tu ada di basement dan itu biasanya buat acara nikahan, pas ustadznya naik mimbar gue berpikir ”eh itu kaya ustad yang sering ada di tipi ya?” dalam hati gue bertanya, oh iya ternyata bener dia tuh yang suka ceramah di acara saur bareng shanaz haque di indosiar milik kita bersama, oooh ternyata begini toh kalo solat ditempat keren, yang kotbah pasti juga keren.

Abis solat gue berdua nggak lupa buat menyambangi pasar kaget yang ramai sekali dideket masjid, wah banyak banget barang2 yang dijual disono, dari mulai peniti sampe kapal tangker bekas tsunami aceh juga ada, percaya ga lo? Gue sih nggak, trus hilmi milih2 pernak – pernik motor, “ keren ga yo?”sambil nunjukin tangannya yang disarungin motor cycle glove alias sarung tangan buat naek motor, “dasar aneh lo, buat apaan???naek motor aja ngga bisa mo pake2 gituan?”cetus gue kejam, “buat maen google2an!” kata hilmi, “hmm....” dalem ati gue pasrah, dan segera ingin menelpon rumah sakit jiwa, abis kayanya hilmi udah rada2 error, masa beli sarung tangan buat maen power rangers, dan dengan hati lapang gue mengiyakan dia buat beli tu sarung tangan google padahal sih honda merekna, harganya 15ribu pula. Mendingan gue, gue ngebeli MP3 bajakan disono, buat ngilangin stress, bukan kaya hilmi yang malah nambah stress gue.

Abis dari situ kita jalan lewat depan ranch market, toys r us, dan pala gue rasanya agak2 pusing niy, abis dari dingin trus kena panas ya jadi gini deh pusing, abis itu kita masuk PIM lewat metro dept. Strore, pas gue masuk gue ngeliat baju2 mahal disana, dan yang bikin gue melongo adalah baju gaun pengantinya vera wang, “oh my god, itukan gaunnya vera wang”, keren deh pokonya gaunnya, si vera wang tu designer baju2 wedding buat artis – artis hollywood, pernah gue liat di tipi dia ngebuat gaun buat artis ada yang harganya 100rb dolar aja gitu, duit segitu kalo dibeliin pupuk kandang, bisa bikin warga jakarta nutup idung dan mogok kerja, heee....heee...., setelah ternganga akan mewahnya gaun tadi, trus gue menyusuri pim1, kita ke atas lantai 2, abis itu gue nanya ma hilmi “mi emang kemaren lo liat jaketnya dimana?”, “haaah... ya disini”,”dimana???”, “udah pokonya lo ikut gue!” ya udah gue ikutin hilmi, abis dari lantai dua samar2 gue ngeliat papan biru penunjuk jalan yang tanda panahnya kekanan dan ada tulisan ‘north skywalk’, trus si hilmi belok kekanan ngikutin rambu itu, hmm.... ternyata tempat jaketnya di PIM2, PIM2 ama PIM1 beda banget, kayanya PIM1 kalah saing ama PIM2, begitu masuk PIM2 aroma harum semerbak, hawa dingin menyeruak, wanita – wanita memesona, kesan glamour menggelamuti, dan aroma expatriat sudah tercium menusuk hidung, yak benar disono keren abis komunitas mall nya, isinya anak2 tajir, bule2 yang pada kongkow2, n artis juga ada, gue masih inget ada ita purnama sari lewat disamping gue aja gitu, tiap ada bule yang lewat pasti kita berdua pada norak gila, maklumlah pa kami dari desa biasanya kami cuma ngangon sapi ma giring bebek, jadi kalo ada bule perkenankanlah kami sejenak untuk norak gila.

Sampe ditempat tujuan si hilmi nunjuk toko yang dimaksud, ternyata toko itu adalah, toko itu adalah, toko itu adalah SOGO, tajir gila hilmi beli jaket aja pake di sogo, gue mah di distro aja udah mentok, “ Ooooh...jadi ini tempatnya mi?, bilang dong kalo lo mo belinya di PIM2!”, “Lah emang pim ada dua yo?”, “guuuubraaaxx nyungsep..... udah keren2 masuk sogo eh lo malah kaga tau pim ada brapa”,”asal lo tau ya mi, ini tu PIM2, dan yang ono no PIM1 norak lo ah”

tetapi walaupun temanku yang satu ini norak gila, gebleg gila, ingusan, cuek bebek n mandy more, dia sekarang adalah mahasiswa UI loh, gila ga tuh di jebol aja gitu masup extensi UI Teknik Sipil, padahal sidang 2 aja kmaren ga lulus, tapi emang semua anak2 poltek pada lulus semua disitu, jadi nggak heran dey, mungkin kalo gue daftar, gue lulus juga kali ye?, amien ya Allah amien, mudah2 an gue jadi org yang norak gila, tajir gila, n sukses gila.

see more details on friendster>> suryo_widiyanto@yahoo.co.id

06 August 2006

BLOGROLL (Teman2ku di blog)

.......

Didalam blog saya terdapat ratusan link blog dari berbagai penjuru indonesia...
lewat blog saya juga anda bisa berbagi kisah, ide, pengetahuan, gosip, tawa, sedih, gembira, susah, senang, hiburan, film, musik, permainan, opini, cinta, romansa, kesedihan, pasangan hidup bahkan pekerjaan
hanya 1 rupiah perklik, bukan tarif promo, nggak pake waktu, kesemuuuuuaaaaa operator...
(ngemeng apaan si lo yo?)

Biar enak bacanya klik kanan aja trus "open link in new tab" (ih pinter deh kamyu)


Afgan
Ayas
adisty
Aditya khrisna
anak 81
alviss
alderina
Anissa Fitri
Ardhan
Agnes delicate-butterfly
Anak kecil
Angga
Antownholic
Ayahana

Ayodya
adhie tenggarong kaltim
Blog gue yang lain
Blok adik saya
Boncu
BenaBlog
Bondan Rastika
Boy Hidayat
Bowo Imutz
Bema Bima
Caramel Puding
Chacha
Christian Sugiono Blog
Chyan d'world of me
cindiehams
Cikeledut
Caramell frapuchino lovers
catatan pmm
Cony Firdiansyah 
Donny Verdian
Dosen Gambar Teknik Gue...(oh my god...dia blogger juga???)
dimas novriandi
Debbi al Humaira
debie cintya
Dida
Dimas keren makan Cereal
Ewink 
ghani
Go Media zine 
Hanung Bramantyo Blog
Hanggar 526 
Haviz 
ipin cihuy
jeanne 
Juneo 
Karin 
keliat cengamen
Kita tentang semua 
Komad kamid
Kuropeko Blog
LaVienz
Lelaki Aneh
Lemonade Hydrogen 
Letto
LOMO CAMERA 
Likesix
lizkynuihapsari
Lynn
MAIA AHMAD
mbip 
M.Fajar
mirrzzu
metropoliskonservatif
megadhit
Nadya bekasi
Nisa its me
karanisa
onefournine
Panda Story
panjangbangetz
Pretty
pipink'z 
Puti Gila 
Rizqa
Raditya dika
SHERINA MUNAF BLOG
si usep
Subagya ahli blogger
Suka biru
sandi extravaganza
sandi luna maya 
sakitperut
sekarainbow
shintung
stock graphic design
synna widharta 
Snepylone
tips n trick tutorial blog
 
tungdeblang
Tour de Bali
trilsky
Undefined Serenity
Wanita Perkasa
Whaaam
Yokoo
Yoza Firdaus
Za'
Cony blogspot
wacom

"Selamat pagi anak2 gimana sudah?", "seperti yang telah bapak sampaikan tadi bahwa...", "hei rony kamu dengerin bapak dong!", "ya seperti bapak bilang tadi bahwa kalo mau blog kamu dikomenin orang, maka rajin2lah ngomenin orang juga", "dan tinggalkanlah link-back sebanyak2nya", "kalo perlu minta ke dia buat tukeran link blog juga", "hei rony! saya udah bilang jangan ciuman dikelas", "kamu lagi nina mau aja dicium ama si rony", "abis enak sih pak", "ok sudah ya anak2, diluar hujan udah mulai reda bapak mau pulang dulu", "sebelum kelas blogging ini bapak tutup ada baiknya kalo kita berdoa", "ya Allah semoga adsense saya nambah...berikanlah rizqi sebanyak banyaknya ya Allah", "amieeennn..." seluruh kelas mengamini.



Kalo mau tukeran link juga boleh kok, tinggal tulis aja di komen "yo lo ganteng banget deh, tukeran link ya?", dan permintaan lo akan gue kabulkan hehehehe... *licik* dengan syarat nulisnya dikomen ok hehehehe.... *licik abis*


........

05 August 2006

hai kawan2, gw udah punya blog nih, ini juga karena insiden kecil2an aja, gara2nya gue beli buku yang berjudul, panduan praktis mengelola blog karya irwan rouf di gramedia pd indah

gw adalah suryo
rumah gue di bekasi, komp masnaga A58 bekasi barat
kalo dari pd kopi naek aja angkot 03, angkutan umum yang bercitra baik dimata masyarakat bekasi, selalu menaikkan tarif semaonya, kalo macet puter balik, kalo mogok sering banget, ngangkut kambing ama ayam juga pernah lo

gw pernah sekolah di sd,smp,sma 59,politeknik negeri jakarta(jur tek.sipil), "hah apaan tuh politeknik negeri jakarta???", bingung kan lo semua, gue aja capek neranginnya ke khlayak ramai kalo politeknik negeri jakarta tuh tadinya politeknik ui, gue sampe kasi door prize kalo ada orang yang tau pnj dimana, temen2 gue di ui biasanya sering kedapetan doorprize dr gue, he...he...hee....

eh by the way gue kmaren jumat ke PIM, masa gw ketemu temen lama gue, gesa namanya, tapi belom gue sapa dia udah kabur melewati planet sports, mungkin apa karena namanya gesa ya? jalannya jd tergesa-gesa...di PIM gue nganterin temen gue hilmi beli jaket di SOGO, ya elah gaya amat beli jaket di SOGO, gue aja paling mentok di distro, setelah dapet apa yang di cari hilmi, gw ma hilmi jalan2 sampe cape, muter2 sampe muntah, loncat2 sampe bego(kayanyaygitunggadey), kagum gue ma PIM2 keren...keren... soalnya gue watu itu pkl disini, jadi gue tau proses pengerjaan disini, dari mulai tangko(jembatan penghubungPIM1PIM2), strutting structure pra konstruksi untuk underpassnya, dan detail finishing buat lantai, kanopi, lampu dll, yang lebih keren lagi bule2nya, beehhh... mantep dah, gw jadi norak nih